Trenggalek (ANTARA News) - Tim medis rombongan haji asal Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sedang mengawasi tiga jemaah haji yang kondisi kesehatannya memburuk.

Kasi Haji Kantor Departemen Agama (Kandepag) Trenggalek, Agus Prayitno, Selasa, mengatakan ketiga jemaah haji itu masing-masing adalah pasangan suami-istri asal Kecamatan Tugu, Murtamat (84) dan Ny Murtamat (82), dan satu orang jemaah lagi bernama Rohana (65).

"Dua orang yang disebut pertama itu baru diketahui sakit setelah tiba di Tanah Suci, sedang yang terakhir (disebut) memang kondisinya tidak 100 persen sejak awal sebelum pemberangkatan," katanya.

Mengenai jemaah yang sakit itu, Agus memastikan kondisi mereka akan terus dipantau, termasuk selama jemaah haji yang bersangkutan melaksanakan rukun iman kelima di Tanah Suci, Mekah.

"Pimpinan kloter asal Trenggalek dan panitia yang ikut mendampingi jemaah terus menyampaikan informasi perkembangan mereka melalui SMS (layanan pesan singkat lewat handphone/HP)," kata Agus dengan nada lega.

Jumlah rombongan jemaah haji asal Trenggalek sebagaimana data resmi di Depag setempat adalah sebanyak 369 orang yang terdiri atas jemaah pria sebanyak 185 orang dan jemaah perempuan 184 orang.

"Alhamdulillah, sejauh ini jumlah jemaah haji asal Trenggalek masih sehat," katanya.

Sesuai jadwal, rencananya jemaah haji asal Trenggalek yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 41 akan pulang ke Tanah Air pada 14 Desember 2009.

Pesawat yang mengangkut rombongan haji kloter 41 akan tiba di Debarkasi Juanda Surabaya pada pukul 17:05 WIB, lalu diangkut menggunakan delapan unit bus pariwisata yang telah dipersiapkan sejak awal. (*)