Medan (ANTARA News) - Buah kurma impor asal Madinah sangat diminati warga Kota Medan untuk makanan buka puasa, karena dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

"Selama tiga hari bulan suci Ramadhan 1431 Hijriyah, minat warga untuk membeli kurma itu cukup tinggi, dan permintaan juga banyak," kata Ahmad Achyar (55) pedagang kurma di Pasar Ikan Medan, Sabtu.

Menurut dia, tingginya minat warga untuk membeli kurma Madinah itu, tidak hanya karena cita rasanya yang enak, harum, buahnya besar, tetapi harganya juga relatif murah.

Dengan harga yang terjangkau itu, katanya, sebahagian warga Medan setiap hari ramai membeli kurma di pajak ikan ini."Kurma Madinah dijadikan makanan favorit bagi warga Medan," katanya.

Dia menjelaskan, jenis kurma yang dijualnya itu, tidak hanya kurma Madinah, tetapi juga kurma Mesir, Dubai dan Iran.

Permintaan kurma pada tahun ini meningkat hingga 50 persen dibanding tahun lalu.

Kurma yang dijual di Pasar Ikan Medan ini, sekitar Rp25.000 hingga Rp50.000 per kg tergantung kualitas produknya.

Dia mengakui, pada Ramadhan ini harga kurma mengalami kenaikan hingga 20 persen dibanding tahun sebelumnya karena biaya produksi juga naik.

"Meningkatnya permintaan kurma dari warga, maka omset penjualan di bulan Ramadhan ini bisa meraup keuntungan lebih besar dibanding hari biasanya," katanya.

Rahmi (34) warga Medan mengakui, buah kurma ini dijadikan menu utama berbuka puasa, karena berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Saya tetap menyediakan dua kotak kurma untuk buka puasa, katanya.

Kurma madu diminati
Kurma madu merupakan kurma yang paling banyak diminati oleh pembeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada bulan Ramadhan karena isi dagingnya yang banyak dan bijinya kecil.

"Kurma madu paling banyak dicari dan diminati oleh pembeli karena selain isi daginya banyak dan bijinya kecil, kurma ini juga sangat lembut, sehingga bisa dimakan oleh siapa saja, mulai dari anak - anak sampai dengan orang tua," kata Roby, salah satu penjaga toko Tegar Mandiri, yang menjual kurma itu di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/8)

Selain kurma madu, kata dia, ada beberapa jenis kurma yang dijual, antara lain kurma Madinah, Arab Saudi, kurma Tunisia, kurma Mesir, kurma Muda dan kurma California.

Harga kurma yang dijual mulai dari Rp20.000 untuk kurma Mesir hingga Rp350.000 untuk kurma Nabi.

"Harga kurma ini tidak berbeda dibandingkan dengan sebelum Ramadhan, karena jika harganya naik pembeli akan kabur," kata pemilik toko Naimah di Pasar Tanah Abang, Nia.
(ANT022/M034)