Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Pemudik dengan sepeda motor ramai melintas di Jalan Lintas Sumatera sehingga pengguna kendaraan harus ekstra hati-hati menghindari kecelakaan lalu lintas.

Ahmad (39) warga Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa mengatakan, mereka harus ekstra hati-hati mengendara mobil karena ramainya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Kami harus ekstra hati-hati karena pengendara kendaraan roda dua tersebut terkesan tidak mempunyai aturan dalam berkendara karena mereka ngebut dan sering menyalip kendaraan lain," katanya.

Akibat ramainya kendaraan roda dua tersebut mereka tidak bisa mengendara mobil lebih cepat karena terganggu akibat jumlah sepeda motor banyak dan sering sekali muncul mendadak.

Ia mengatakan, bukan hanya di lintas tengah Sumatera jalan dipadati pengendara sepeda motor, tapi mulai dari jalan Pagar Alam menuju Palembang juga dipadati sepeda motor pemudik.

Herry (27) warga Palembang mengaku, memilih mudik ke Pagar Alam dengan menggunakan sepeda motor karena lebih praktis.

Selain itu, kendaraan tersebut praktis bisa digunakan untuk bersilaturahmi ke rumah saudara dan teman saat berlebaran ketika berada di kampung halamannya, kata dia.

Herry menambahkan, kalau hati-hati tentunya akan terhindar dari bahaya dan kecelakaan lalu lintas meski laju kendaraan sedikit lebih cepat dari biasanya.

Kewaspadaan dalam mengendara motor juga sangat penting untuk menghindari kecelakaan dan tentunya dinaiki tidak melebihi kapasitas atau cukup dua orang saja, tambahnya. (ANT-037/K004)