Ambon (ANTARA News) - Layanan selular berbasis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) milik PT Telkom Indonesia, Flexi, menawarkan berbagai layanan paket hemat dan murah.

"Kami menyediakan berbagai program murah seperti telepon, sms maupun Internet bagi pelanggan," kata Menager Flexi Commerce Area Ambon, Sidik Widodo kepada ANTARA di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini provider telepon genggem dengan CDMA tersebut menyediakan paket irit telepon bagi sesama pemakainya, yakni dikenakan Rp1.000/hari. Untuk pengguna yang berada di wilayah berbeda hanya perlu mengetik 01017, kode area dan nomor tujuan yang akan dihubungi.

Paket murah ini juga berlaku ke operator Telkomsel, yakni pada menit pertama hingga kedua dikenakan tarif normal Rp750/menit, selanjutnya hanya dikenakkan hanya Rp99, Rp299 dan seterusnya. Untuk saluran telepon rumah, biayanya Rp250/menit pada kemudian hanya terpotong Rp49 dan Rp99 saja.

"Pelanggan cukup mendaftar "Flexi Irit" ke 123 dan akan mendapatkan pesan balasan dari operator," kata Widodo.

Ia juga mengatakan, apabila pelanggannya mengirimkan "short message service" (sms) senilai Rp1.000, maka akan mendapatkan layanan 1.000 sms gratis yang berlaku untuk semua operator telepon selular.

"Tarif sms ke sesama Flexi hanya Rp100/sms, sedangkan ke operator lainnya hanya Rp150/sms," katanya.

Widodo menjelaskan, pihaknya juga menyediakan paket internet tanpa batas, yakni Rp2.500/hari, Rp15.000/ minggu dan Rp50.000/bulan.

"Ada juga yang triwulan, semester dan tahunan, pelanggan cukup mendaftar ke 2255, yakni dengan ketik reg spasi mingguan dan kirim ke nomor tersebut," ujarnya.

Widodo menyatakan, keunggulan Flexi yang tidak dimiliki oleh operator lainnya adalah mempercepat komunikasi dan memenuhi kebutuhan komunitas, sehingga cocok dipakai oleh instansi maupun organisasi karena pelanggan bisa mengirimkan pesan singkat ke ratusan orang yang tergabung dalam satu komunitas hanya dengan tarif Rp100.

"Sesama anggota komunitas bisa menggunakan layanan "close user group" (cug) untuk telepon gratis, syaratnya harus mengisi pulsa Rp20.000, tapi tidak terpotong," katanya.

Ia menambahkan, anggota keluarga yang bisa bermukim di daerah yang berbeda dapat memakai layanan "Flexi Negrumpi" untuk bisa ngobrol bersamaan hanya dengan tarif Rp49/menit.

"200-an orang bisa telepon seklaigus dan biayanya dikenakan utuk tiap-tiap penelepon, sehingga cocok silaturahmi maupun rapat. Tiap orang yang ingin telepon secara bersamaan hanya perlu mengakses ke *55*0 untuk mendapatkan kode "personal identification number" (PIN)," kata Sidik Widodo.

(ANT/S026)