Jakarta (ANTARA News) - Mantan pelatih Persipura Jayapura Jacksen Ferreira Tiago saat ini masih berlibur di kampung halamannya, kota Rio de Janeiro Brasil. "Saya masih berlibur, kalau Tuhan mengijinkan kemungkinan pertengahan September saya kembali ke Indonesia," ujar Jacksen ketika dihubungi, Kamis.

Ketika ditanya akan melatih tim apa dalam menghadapi Liga Super Indonesia musim 2010-2011, Jacksen enggan mengungkapkan. Namun ia mengindikasikan memang ada klub yang meminatinya setelah ia berhasil mengantarkan tim Mutiara Hitam ke jajaran papan atas dalam musim lalu.

"Sampai saat ini, saya belum ada kesepakatan dengan tim manapun di Indonesia," ujar pelatih kelahiran 18 Mei 1968 ini.

Jacksen malah lebih senang menceritakan liburannya selama di Brasil, di mana ia bisa berkumpul bersama keluarganya. Bahkan Jacksen menceritakan tentang menu makanan yang disukainya yang selama ini jarang ditemukan selama berada di Indonesia.

"Di Indonesia saya sangat suka dengan rawon, tapi di Brasil itu tidak ada. Di negara saya ada "churrasco" dan "feijoada" yang tidak kalah enaknya," tutur pelatih bertubuh jangkung ini.

Jacksen yang telah belasan tahun berada di Indonesia sudah teramat kental dan fasih berbahasa Indonesia. Ia bahkan sempat bergurau, "Di Brasil saya lupakan rawon untuk sejenak. Soalnya banyak makanan khas di Rio yang enak `tenan`..."

Mengenai liburannya sendiri Jacksen mengaku sangat menikmatinya. Rio merupakan tempat impian dan kota yang indah.

Menyaksikan negerinya sendiri Jacksen pun berangan-angan ingin turut menyaksikan Piala Dunia 2014 ketika digelar di negerinya. Ia bahkan memimpikan tim Samba-nya bisa berhadapan dengan Inggris di final.

"Itu yang ditunggu... Kami ingin sekali melihat partai final Piala Dunia nanti yang bertemu adalah Brasil melawan Inggris, dengan catatan Brasil juara... Semoga terwujud, kami akan menjadi saksi hidup nanti," tuturnya.

Jacksen mengatakan kontraknya dengan Persipura sudah habis pada musim 2009-2010. Ia pertama kali menukangi Persipura pada pertengahan musim kompetisi 2008/2009 dan berhasil menghadirkan gelar juara Liga Super Indonesia (ISL).

Namun Jacksen tak mampu mengulangi suksesnya pada tahun kedua. Mantan pelatih Persebaya itu gagal menghadirkan gelar ISL maupun Piala Indonesia 2009-2010 yang jatuh ke klub Arema dan Sriwijaya FC.(*)
(ANT-132/I015/IR009)