Tegal (ANTARA News) - PT Kereta Api menyiapkan 1.393 kereta dengan perkiraan mampu mengangkut total pemudik Lebaran 2010 yang menggunakan moda transportasi itu hingga 3,1 juta orang.

"Kami siap memberikan pelayanan secara optimal kepada pemudik," kata Direktur Pengembangan Teknik PT Kereta Api (KA) Yudarso Yuwono, ketika meninjau perbaikan kereta api di Balai Yasa Tegal, Jawa Tengah, di Tegal, Rabu.

Ia menyebutkan sejumlah bentuk pelayanan yang bakal diberikan kepada penumpang kereta antara lain perbaikan kereta, pengecekan terhadap kereta, dan penambahan kereta.

Berbagai upaya itu, kata dia untuk mengantisipasi kemungkinan besar terjadi lonjakan penumpang baik saat puncak arus mudik maupun balik Lebaran.

Ia memperkirakan terjadinya peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan kereta api pada Lebaran 2010 sekitar 1,6 persen dibandingkan dengan Lebaran 2009.

Jumlah penumpang kereta pada Lebaran 2010, kata dia diperkirakan sekitar 3,1 juta orang.

"Prediksi tersebut berlaku mulai sepekan sebelum Lebaran hingga sepekan setelah Lebaran," katanya.

Ia mengharapkan, mulai H-10 Lebaran seluruh kereta yang hingga saat ini masih dalam pengecekan dan perbaikan sudah siap dioperasikan.

Saat itu, katanya, sudah mendekati puncak mudik Lebaran.

"Kami tidak menginginkan terjadi kelebihan muatan. Apabila sampai terjadi kelebihan harus sesuai dengan ketentuan yang diperbolehkan pemerintah," ujarnya.

Pada kesempatan itu ia menjelaskan tentang kunjungan ke Balai Yasa Tegal yang sebagai salah satu langkah mengecek kesiapan kereta untuk melayani pemudik.

Pihaknya melanjutkan pengecekan kereta di Banyuwangi dan Surabaya, Jawa Timur.

"Dengan persiapan yang lama dan matang diharapakan para pemudik dapat terlayani dengan baik. Setelah melihat kesiapan sarana dan prasarana, kami siap melayani angkutan Lebaran pada tahun ini," katanya.(*)
(ANT-235*M029/R009)