Tegal (ANTARA News) - Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan kondisi cuaca di wilayah pantai utara berpotensi berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan.

"Potensi berawan dan hujan dengan intensitas ringan ini akan terjadi pada malam hari," kata," kata Petugas Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tegal, Hendy Andriyanto di Tegal, Jumat.

Ia mengatakan potensi berawan ini juga iringi dengan angin bertiup dari arah Timur Laut ke Selatan berkecepatan lima kilometer sampai 25 kilometer per jam,

Menurut dia dengan kondisi tersebut, wilayah pantura juga berpeluang terjadi angin kencang sesaat dan petir.

Ia mengatakan untuk tinggi gelombang di Laut Jawa diperkirakan bisa mencapai nol meter sampai tiga meter sedangkan di Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah dua sampai tiga kilometer.

Namun potensi berawan dan peluang hujan di wilayah pantura ini, kata dia, akibat adanya pertemuan angin yang memanjang dari Sumatera bagian tengah hingga Laut Sulu serta pusaran angin tertutup di Laut Natuna yang mempengaruh aktivitas pertumbuhan awan hujan ke sejumlah wilayah.

Wilayah yang terjadi kondisi seperti itu, antara lain pantai barat Sumatera, bagian utara Sumatera, Jawa bagian barat, Kalimantan, Sulawesi bagian utara dan tengah.

"Oleh karena itu, bagi nelayan yang akan beraktivitas di laut diimbau waspada," katanya.(*)
(ANT/R009)