Jakarta (ANTARA News) - Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana mengirim tim untuk menjenguk musisi dan aktivis Franky Sahilatua yang sedang dirawat di General Hospital Singapura.

"Presiden berharap agar kondisi Bung Franky pascaoperasi segera membaik," kata Staf Khusus Presiden Andi Arief, di Jakarta, Jumat.

Andi mengatakan telah menyampaikan harapan Presiden itu kepada Franky melalui telepon.

Seperti diberitakan, pencipta lagu "Kemesraan" itu menderita penyakit kanker tulang sumsum dan telah menjalani operasi.

Andi Arief yang dekat dengan Franky sejak akhir 90-an mengatakan musisi dan aktivis kelahiran Surabaya tersebut merupakan "kritikus" yang konsisten.

Namun, kata Arief, Franky tidak sekadar pandai mengritik melalui lagunya, namun juga kerap memberikan masukan kongkrit kepada pemerintah.

Misalnya, kata Andi, pada Maret 2010 kantor SKP BSB menerima pemuda-pemuda Ambon yang dibina Franky untuk mengembangkan rumput laut dengan basis kampung.

"Gagasannya sangat bagus karena memadukan pembangunan teknologi pertanian dan penguatan masyarakat. Kami pun menggalang dukungan untuk upaya tersebut," katanya.

Ia tidak memungkiri bahwa Franky kerap mengritik pemerintahan SBY, namun yang membedakan Franky dengan "kritikus" yang lain adalah setiap kritik Franky selalu disertai solusi.

"Kritik Franky tidak ada yang bersifat personal, karena ia bukan mewakili kepentingan politik," katanya.(*)

(T.S024/R009)