Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan bahwa Masyarakat Ekonomi Asean (AEC) perlu disinergikan dengan dua pilar lainnya yaitu politik dan sosial budaya.

"Kami sampaikan perlu ada sinergi antara ketiga pilar itu, jadi tidak hanya ekonomi tapi juga politik dan sosial budaya," kata Menlu usai menghadiri rapat koordinasi kesiapan pembentukan AEC di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Jumat.

Menurut dia, perlunya sinergi tiga pilar itu merupakan masukan Kementerian Luar Negeri dalam pembentukan AEC.

Ia menyebutkan, tahun depan (2011), Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN sehingga ada kepentingan untuk memastikan berbagai komitmen dan tanggung jawab akan terlaksana.

"Itu harus dipastikan betul-betul sudah ada kemajuan, sudah baik, dan pagi ini kita membahas status persiapan kita di bawah AEC," katanya.

Sementara itu mengenai usulan pembukaan kantor pajak di luar negeri, Menlu mengatakan, pihaknya selalu memperhatikan asas efisiensi dan manfaat.

"Kalau megenai penempatan pejabat teknis disetiap perwakilan, kita selalu menekankan asas efisiensi dan manfaat. Bagaimana manfaatnya apakah efisen, karena setiap penempatan pejabat di luar negeri memerlukan biaya tidak kecil," katanya.
(A039/A024)