Los Angeles (ANTARA News) - Produser Nigel Lythgoe kembali ke kontes menyanyi laris di televisi "American Idol", saat acara itu memperbarui susunan juri dan bentuknya untuk menghidupkan program tersebut dalam menghadapi kemerosotan pemirsa.

Nigel merupakan orang yang ikut menciptakan tayangan tersebut, sebagaimana dikutip dari Reuters Life!.

Produser yang kaya akan gagasan dan juga adalah hakim di acara Fox "So You Think Can Dance" itu ditunjuk sebagai produser pelaksana "American Idol" buat season ke-10, mulai Januari 2011, kata Fox di dalam satu pernyataan, Jumat.

Produser itu membantu meluncurkan kontes menyanyi yang ditayangkan televisi Inggris "Pop Idol" bersama teman lamanya, Simon Fuller. Pasangan tersebut membawa bentuk tayangan populer itu ke Amerika Serikat dengan nama "American Idol" --yang diudarakan oleh Fox.

Mengenai kemungkinan kembali Nigel ke tayangan itu telah menjadi desas-desus selama beberapa pekan.

Nigel meninggalkan "American Idol" setelah tujuh musim, dan dalam empat musim terakhir tayangan tersebut telah mengalamai kemerostan penonton.

"Bekerja sebagai produser pelaksana di `American Idol` untuk tujuh tahun pertamanya bukan hanya menjadi perjalanan yang memberi ilham ke jantung budaya pop Amerika, itu juga membuka mataku mengenai potensi yang tak terekam tentang dinamika luar biasa kaum muda di dunia ini," kata Nigel di dalam satu pernyataan.

Nigel diangkat sebagai produser pelaksana setelah kepergian juri Simon Cowell dan Ellen Degenere baru-baru ini. Sejumlah laporan media telah berspekulasi bahwa beberapa pesohor seperti penyanyi/aktris Jennifer Lopez dan musikus rock Steven Tyler mungkin bergabung dalam tayangan itu di kursi juri.

Namun, awal pekan ini, pelaksana jaringan televisi tersebut mengatakan tak ada kesepakatan yang telah ditandatangani dengan juri baru mana pun.

Dua perubahan baru sudah dilakukan. Usia minimum peserta telah diturunkan jadi 15 tahun, dan program penilaian mingguan telah dikurangi separuhnya jadi 30 menit.
(C003/A024)