Gonabad, Razavi Khorassan (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter menggoncang kota timur laut Iran, Gonabad, provinsi Razavi Khorassan, Jumat malam.

Gempa menggoncang Gonabad dan kota-kota terdekatnya, Torbat-Heydarieh dan Mashhad pada sekitar pukul 18:20 waktu setempat Jumat, sekitar 270 kilometer di selatan Mashhad, ibu kota provinsi Iran timur laut, sebagaimana dikutip dari IRNA-0ANA.

Berdasarkan laporan-laporan yang diterima, gempa di Torbat-Heydarieh merusak sejumlah unit rumah di perdesaan, mobil-mobil yang diparkir di jalan-jalan, kabel-kabel listrik dan fasilitas-fasilitas telekomunikasi lain.

Sejumlah besar sapi juga tewas. Laporan-laporan yang belum tiba akan disertakan dalam rincian lebih lanjut.

Sementara itu, Gubernur Gonabad Mohammad Safaie, membenarkan adanya gempa, dan mengatakan kepada IRNA melalui telepon bahwa belum ada laporan yang diterima mengenai korban, kerusakan properti akibat gempa tersebut.

Safaie mengatakan, para petugas bantuan penyelamatan telah diberangkatkan ke wilayah itu, untuk membantu para korban gempa dan mereka yang selamat.

Iran terletak di bentangan garis persilangan besar dalam kerak bumi, dan rawan terhadap gempa, beberapa di antaranya banyak menimbulkan kehancuran.

Belakangan terjadi beberapa kali gempa terburuk, dengan kekuatan 6,3 SR di kota selatan Bam pada Desember 2003, yang menewaskan 31.000 orang, atau sekitar seperempat dari jumlah penduduknya, dan merusak benteng kota kuno yang dibangun dari lumpur.
(H-AK/A024)