Los Angeles (ANTARA News) - George Clooney akan dianugerahi penghargaan khusus dalam ajang penghargaan Emmy yang akan diadakan 29 Agustus mendatang di Nokia Theatre, Los Angeles.

Associated Press mewartakan The Academy of Television Arts and Sciences akan memberi "Bob Hope Humanitarian Award" kepada Clooney.

"Bob Hope Humanitarian Award" diberikan kepada mereka yang bekerja dalam industri telekomunikasi dimana kerja kemanusiaan mereka memberi pengaruh kepada industri dan tindakan mereka memberi dampak panjang kepada masyarakat. Nama penghargaan itu diambil dari nama almarhum aktor Bob Hope.

Clooney mendapat penghargaan untuk program televisi khusus "Hope for Haiti" yang juga mendapat nominasi Emmy.

Selain itu juga atas keterlibatan aktor berusia 49 tahun itu dalam kegiatan kemanusiaan untuk menggalang dana korban badai Katrina juga membantu meningkatkan kesadaran atas genosida di Darfur, Sudan.

"George pilihan yang tepat untuk penghargaan ini. Dia mengerti dan menggunakan kekuatan televisi, media paling kuat pada masa kita, untuk meraih hati orang-orang di seluruh dunia dan memaksa kita untuk bertindak untuk semua yang terjadi tiba-tiba dan putus asa sebagaimana kejadian tragis di Darfur," kata John Shaffner, ketua dan pemimpin eksekutif The Academy of Television Arts and Sciences, dalam situs resmi Emmy.

Clooney akan menjadi orang keempat yang menerima penghargaan ini. Tiga peraih penghargaan itu Bob Hope sebelumnya adalah Oprah Winfrey, Bill Cosby dan almarhum aktor Danny Thomas.

Aktor yang memulai akhirnya melalui layar kaca itu pernah dua kali mendapat nominasi pemeran utama pria terbaik untuk kategori serial drama tahun 1995 dan 1996 melalui perannya sebagai dokter Ross dalam serial "ER".

Clooney meraih piala Oscar tahun 2005 untuk kategori pemeran pembantu terbaik melalui film "Syriana". Tahun lalu, dia gagal meraih piala Oscar untuk kategori pemeran utama pria terbaik melalui film "Up in the Air" karena kalah dari Jeff Bridges.(ENY/A024)