Gresik (ANTARA News) - Tim unggulan teratas Federbrau Thailand tampil sebagai juara Kejuaraan Bola Voli Antarklub Putri Asia 2010, setelah membungkam Zhetyssu Kazakhstan pada laga final di GOR Tri Dharma Gresik, Jawa Timur, Minggu malam.

Thailand yang sempat kehilangan set pertama, bangkit menekan di tiga set berikutnya dan membalikkan keadaan untuk menang dengan skor 3-1 (21-25, 25-23, 25-11, 26-24).

Kemenangan atas Kazakhstan menjadi ulangan laga penyisihan grup sebelumnya. Namun, saat itu Hyapha Amporn dan kawan-kawan memukul Kazakhstan dengan skor telak 3-0.

Selain itu, keberhasilan Federbrau Thailand mempertahankan gelar juara Asia tahun ini terbilang sempurna, karena mereka tidak pernah terkalahkan sepanjang kompetisi yang dimulai sejak 26 Juni lalu itu.

"Seperti saya katakan sebelumnya, permainan Kazakhstan sangat solid dan kami harus bekerja keras untuk memenangkan pertandingan ini," kata pelatih Thailand, Kiattipong Radchatagraengka usai pertandingan.

Kazakhstan nyaris memaksakan digelarnya set perpanjangan (set kelima), ketika pada set keempat sudah memimpin 24-22 atas Thailand.

Namun, Kazakhstan gagal menjaga konsistensi permainannya dan kurang sempurna dalam penerimaan servis, sehingga serangan mudah dipatahkan lawan.

Kazakhstan kehilangan empat angka berturut-turut di angka kritis tersebut dan akhirnya menyerah 24-26.

Kendati gagal juara, keberhasilan Kazakhstan menembus babak final merupakan peningkatan prestasi dari kejuaraan tahun 2009, dimana mereka finis di peringkat keempat.

Berikut peringkat terakhir Kejuaraan Bola Voli Antarklub Asia 2010:

1. Federbrau Thailand (juara)

2. Zhetyssu Kazakhstan

3. J.T Marvelous Jepang

4. Tianjin Bridgestone China

5. So Baek Su Korea Utara

6. Taiwan

7. VTV Binh Dien Vietnam

8. Zobahan Iran

9. KT G. Ariels Korea Selatan

10. Petrokimia Gresik Indonesia (D010/K004)