Jakarta (ANTARA News) - Tim polo air putra China menjuarai kejuaraan Betawi Cup International Water Polo Tournament 2010 setelah mengalahkan tuan rumah Indonesia A 12-7 di Stadion Renang Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu.

Tanda-tanda kemenangan Chen Qi Dong dan kawan-kawan terlihat sejak babak pertama berlangsung. Salah satu tim U-19 terkuat di Asia itu langsung unggul 4-0.

Memasuki babak kedua permainan cukup imbang. Kedua tim saling menciptakan gol. Tuan rumah yang dimotori oleh Rizki Mulia Harahap mampu menciptakan 3 gol. Meski demikian China juga mampu membuat gol yang sama sehingga merubah kedudukan menjadi 7-3.

Memasuki babak tiga tim China menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali peluang tercipta dan menghasilkan gol. Tim tuan rumah juga berusaha menekan. Namun demikian China tetap unggul 10-5.

Dibabak terakhir hujan mulai turun. Hal ini membuat permainan tidak berkembang. Hanya saja kedua tim mampu menciptakan masing-masing dua gol sehingga merubah kedudukan menjadi 12-7 untuk kemenangan China.

"Saya cukup bersemangat pada pertandingan ini meski pertandingan ini hanya persahabatan. Kedua tim bermain cukup bagus," kata salah satu pemain China Chen Qi Dong usai pertandingan.

Pemain yang dinobatkan sebagai pemain terbaik ini mengaku puas dengan hasil kejuaraan ini. Dengan banyaknya kejuaraan yang diikuti, dirinya yakin akan mampu meningkatkan skill individu maupun tim.

Sementara itu pihak tuan rumah mengaku cukup puas dengan hasil pertandingan tadi meski mengalami kekalahan. Beberapa pelajaran berhasil diraih dari salah satu tim terbaik di Asia itu.

Sementara itu disektor putri tim Singapura sukses menjadi juara Betawi Cup 2010 yang kelima setelah mengalahkan tim tuan rumah Indonesia A dengan skor yang cukup telak 9-2.

Tim China dan Singapura selain menjadi juara juga mendominasi top skor dan pemain terbaik. Disektor putra Chen Qi Dong menjadi pemain terbaik dan Li Yon Xuan menjadi top skor dengan 20 gol. Sedangkan Edelyn Yew Yan Xian menjadi pemain terbaik dan Loke En Yuan menjadi pencetak gol terbanyak dengan 10 gol . (*)

(T.B016/R009)