Merak (ANTARA News) - Tiga anggota Dewan Perwakilan Daerah dari pemilihan daerah Banten mengunjungi Pelabuhan Merak untuk memantau kesiapan pelayanan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Merak menjelang penanganan arus mudik lebaran tahun 2010.

"Kita dua bulan lagi memasuki hari raya Idul Fitri dan bagaimana kondisi perkembangan pelayanan Pelabuhan Merak," kata Abdi Sunadi, ketua rombongan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Abdi Sunadi, Kamis.

Ia mengatakan, dirinya datang bersama anggota lain yakni Abdurahman dan Subadri untuk meninjau langsung perkembangan kondisi pelayanan Pelabuhan Merak.

Kedatangan tersebut, terkait anggota DPD dalam masa reses sejak 19 Juni sampai 11 Juli 2010.

Selama masa reses itu, kata dia, pihaknya mendatangi sejumlah daerah di wilayah Banten termasuk Pelabuhan Merak.

Ia juga mengatakan, hasil kunjungan tersebut tentu akan dilaporkan kepada Komite DPD RI untuk dibahas masalah-masalah yang terjadi di wilayah Banten.

Selain itu, juga permasalahan Pelabuhan Merak akan dibahas melalui Fraksi yang membidangi perhubungan dan angkutan.

Karena itu, kata dia, pihaknya berkunjungi ke sini ingin mengetahui sejauh mana kesiapan pelayanan penyeberangan Pelabuhan Merak tentang penanganan arus mudik Lebaran tahun 2010.

Dari kunjungan tersebut tentu pihaknya juga ingin tahu penjelasan dalam menghadapi kendala arus mudik lebaran nanti.

Selama ini, lanjut dia, pelayanan Pelabuhan Merak dinilai cukup baik karena arus mudik tahun 2009 lalu berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang maupun kemacetan lalu lintas di dermaga.

"Kami minta pelayanan yang sudah baik itu terus ditingkatkan lagi sehingga dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesian Ferry Cabang Merak, Teja Suparna mengatakan pengalaman arus mudik Lebaran tahun 2009 pihaknya mengoptimalkan trip angkutan dan menambah kapal lintasan sehingga pelayaran berjalan lancar.

"Dengan optimalisasi itu hanya 12 menit kapal yang bersandar di dermaga Pelabuhan Merak sudah bisa diberangkatkan ke Bakauheni," katanya.

Menyinggung arus mudik Lebaran 2010, lanjut dia, pihaknya sudah mempersiapkan mulai dari jumlah kapal yang akan melayani penyeberangan, jumlah trip kapal, dan antisipasi terjadi penumpukan kendaraan.

"Kami akan mengoperasikan pada arus mudik Lebaran nanti sebanyak 21 kapal dan hari biasa hanya 18 kapal," katanya.(*)
(U.KR-MSR/R009)