Bogor (ANTARA News) - Pengunjung "Istana Bogor Open" dilarang mengenakan celana jins, sendal, kaos oblong, membawa tas dan kamera, serta harus berpakaian berkerah dan rapi, kata Koordinator Pendaftaran, Heti Heriyati, Minggu.

"Istana Bogor Open akan digelar Senin (14/6). Pengunjung yang sudah mendaftar di hari pertama diwajibkan melapor 15 menit sebelum jadwal keberangkatan dari kantor DPRD. Yang menggunakan celana jins tidak diperbolehkan masuk," kata Heti.

Pengunjung diharuskan bercelana kain non jeans dan rok untuk pengunjung perempuan. Tahun lalu, beberapa pengunjung yang tidak mengetahui aturan itu terpaksa mengganti celananya terlebih dahulu baru bisa masuk Istana.

Heti menyebutkan, aturan tersebut ditetapkan oleh penjaga Istana dan sudah sesuai dengan aturan masuk Istana Bogor.

Dia mengatakan, pengunjung yang terlanjur membawa tas dapat menitipkannya ke petugas pengatur kunjungan.

"Kita menyediakan penitipan tas, jadi pengunjung hanya diperbolehkan membawa tas kecil saja," katanya.

Kunjungan hari pertama Istana Bogor Open diawali pukul 08.00 WIB, sebanyak 250 pengunjung kelompok pertama akan dibawa berkeliling ke dalam Istana selama kurang lebih 15 menit.

Jumlah pengunjung Istana Bogor Open tahun 2010 sebanyak 54.700 orang atau meningkat dari tahun lalu yang mencapai 46.000 lebih.

Sebelum masuk Istana, pengunjung wajib menukarkan formulir pendaftaran dengan tiket di tenda penukaran yang disiapkan di depan Kantor DPRD Kota Bogor di Jalan Kapten Muslihat.

"Para pengunjung akan berkumpul di kantor DPRD sebelum berangkat menuju Istana, lalu berjalan kaki menuju Istana sesuai dengan jadwal yang ditentukan," katanya. (*)

KR-LR/H-KWR/AR09