Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan tinggi gelombang di Merak-Bakauheni, pada Kamis, mencapai 0,8 meter.

Selain itu, cuaca di Selat Sunda bagian Utara tersebut kemungkinan berawan, dengan angin bertiup dari Timur ke Tenggara berkecepatan 04-08 knot.

Di Selat Sunda bagian Selatan, cuaca pun diprediksikan berawan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 08-15 knot, dan tinggi gelombang 1,1-1,5 meter.

Kemudian, di Selat Bangka bagian Utara diprediksikan turun hujan, angin dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 03-10 knot, dan tinggi gelombang 0,3-0,5 meter.

Begitu pula hujan berpeluang di Selat Bangka bagian Selatan, dengan angin bertiup dari Timur ke Selatan berkecepatan 03-10 knot, dan tinggi gelombang 0,3-0,8 meter.

Sementara di Selat Gelasa, tinggi gelombang berkisar 0,5-1,3 meter, cuaca pun berpeluang hujan dan angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-10 knot.

Sedangkan di Selat Bali bagian Utara (Ketapang - Gilimanuk), cuaca berpeluang hujan ringan, angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-20 knot, dan tinggi gelombang 0,5-1,5 meter.

Di Selat Bali bagian Selatan dan Selat Gelasa pun berpeluang hujan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-22 knot dan tinggi gelombang 0,8-2,0 meter.

Cuaca berpeluang hujan ringan pun dapat terjadi di Selat Lombok bagian Utara (Padang Bai - Lembar), angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-20 knot, dan tinggi gelombang 0,5-1,5 meter.

Dan di Selat Lombok bagian Selatan, cuaca pun berpeluang hujan ringan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-22 knot, dan tinggi gelombang 0,8-2,0 meter.

BMKG juga menginformasikan, gelombang 2,0-3,0 meter dapat terjadi di Laut Andaman, Samudra Hindia Barat Mentawai, Samudra Hindia Barat Daya Enggano, Samudra Hindia Selatan Jawa.

Kemudian, Samudra Hindia Selatan Bali, Laut Flores, Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara, Laut Banda, Laut Timor, Perairan Kai, Laut Aru dan Teluk Carpentaria.

Sedangkan gelombang 3,0-4,0 meter, berpeluang di Laut Arafuru.

Selain itu, potensi hujan lebat disertai petir berpeluang di Laut Jawa, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat, Perairan Kai, Selat Malaka, Perairan Aceh bagian Barat, Selat Karimata, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik Utara Irian. (T013/K004)