Jakarta (ANTARA News) - Pemilahan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah potensial berlangsung hanya satu putaran saja, karena berdasar hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) bahwa pasangan yang diusung PDI Perjuangan, Agustin Teras Narang dan Achmad Diran unggul sementara melampaui tiga kandidat lainnya.

Direktur Eksekutif LSI, Denny JA dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, mengetakan, prediksi Pilkada Kalteng akan berlagsung satu putaran berdasar salah satu kesimpulan survei LSI, yang diadakan pertengahan Mei 2010, dengan dengan metode standar LSI; multistage random sampling, wawancara tatap muka, 440 responden dan tingkat keselahan sekitar 4,8 persen.

Ketika survei dilakukan, pasangan Agustin Teras Narang dan Achmad Diran (PDIP) didukung oleh 45,0 persen dari responden. Pasangan Achmad Amur dan Baharuddin Lisa (PPP,PAN, PBB,PKNU, Hanura, Gerindra dan PKB) 34,5 persen. Pasangan Achmad Yuliansyah dan Didik Salijardi (Golkar dan Demokrat) 8,1 persen. Sementara pasangan lainnya yang diusung partai yang tidak meraih kursi DPR, Yuandreas dan Basuki hanya 0,0 persen responden.

Menurut Denny, pasangan Teras Narang nyaris unggul di semua segmen masyarakat pemilih, termasuk di hampir seluruh kategori seperti gender, usia dan Desa-Kota. "Keunggulan Teras Narang karena faktor posisinya sebagai incumbent jauh lebih dikenal dibanding kandidat lainnya, yaitu dipersepsikan 96,0 persen responden," katanya.

Selain itu, Teras juga unggul karena kekuatan figurnya yang lebih disukai (77,8 persen responde). Diperkuat lagi dengan pandangan mayoritas publik di Kalteng yang menilai Teras Narang cukup berhasil dalam memimpin Kalteng. Sekitar 53,1 persen responden dari masyarakat Kalteng mengaku puas terhadap kinerja Teras Narang.

Denny mengatakan, kendati Pilkada Kalsel diikuti empat pasang, namun pertarungan serius akan terjadi antara pasangan Teras Narang dengan pasangan Achmad Amur.

Namun begitu, Denny mengingatkan, agar Teras Narang tidak lengah karena suara yang belum memutuskan dan ragu-ragu (swing voter) masih cukup tinggi, yaitu sebesar 36,5 persen. "Jumlah suara sebanyak itulah yang nanti akan diperebutkan seluruh kandidat. Jika tidak ada 'gempa politik' di Kalteng, untuk sementara Teras Narang potensial menang satu putaran," katanya.

Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Tjahyo Kumolo menyatakan optimis bahwa kadernya, Agustin Teras Narang, akan menang dalam satu putaran dalam Pilkada Kalimantan Tengah yang akan berlangsung 5 Juni mendatang.

”Saya optimis Pak Teras menang satu putaran. Sebab, sejauh yang kita tahu, masyarakat di sana masih menyukai Pak Teras Narang. Hal ini, antara lain, karena keberhasilan Pak Teras dalam memimpin Kalteng selama ini," katanya.

Menurut Tjahjo, masyarakat Kalteng saat ini sudah lebih cerdas dalam memilih pemimpinnya. Mereka tak akan gambling dengan asal memilih pemimpin. Mereka tentu akan memilih pemimpin yang sudah teruji kapasitasnnya, kapabilitasnya, integritasnya dan keberhasilannya.

”Saya kira Pak Teras sudah berusaha melakukan yang terbaik buat masyarakat Kalteng. Dan itu sekarang sudah dirasakannya. Tinggal tugas Pak Teras untuk membuat lebih baik lagi," tegasnya.(*)
(Ant/R009)