Jakarta (ANTARA) -- Naik kereta api sudah lama menjadi favorit banyak orang untuk bepergian. Entah itu untuk urusan bisnis atau liburan. Ada banyak keuntungan dan hal-hal menarik yang bisa Anda nikmati saat naik moda transportasi yang satu ini. Jadi tak salah memang jika kereta api jadi salah satu transportasi andalan untuk bepergian, terutama di masa pandemi ini.
Nah, berikut ini adalah 7 alasan kenapa naik kereta api itu asik sebagai opsi moda transportasi di masa pandemi ini.
1. Tiketnya lebih terjangkau
Jika dibandingkan moda transportasi lain, tiket kereta api relatif terjangkau. Hal ini tentu dapat menghemat biaya traveling Anda. Harga tiket kereta api juga lebih stabil, meski dalam musim liburan seperti mudik atau libur panjang. 
2. Menjangkau banyak rute
Jalur kereta api di Pulau Jawa memiliki banyak rute kota-kota di seluruh pulau ini. Bukan hanya kota-kota besar seperti ibukota provinsi, namun banyak juga rute kereta api ke ibukota kabupaten dan kota-kota kecil lainnya. Sebut saja Cirebon, Tegal, Solo hingga Banyuwangi. Banyaknya pilihan rute yang tersedia tentu saja akan memudahkan Anda mengunjungi kota-kota tersebut
3. Tiket bisa dibeli online
Sama halnya dengan moda transportasi lainnya, tiket kereta api pun bisa dibeli secara online dengan mudah. Contohnya saja Traveloka. Anda bisa cek jadwal kereta api di Traveloka lalu melakukan pemesanan, pilih kursi dan gerbong sesuai keinginan, lalu bayar melalui pilihan pembayaran yang berbeda. E-tiket pun akan langsung dikirim ke email dan bisa Anda gunakan untuk check in mandiri di stasiun saat hari keberangkatan.
4. Siapkan hasil tes rapid antigen atau GeNose
Sebagai salah satu dokumen wajib untuk perjalanan dengan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa, Anda harus menyertakan hasil negatif rapid test antigen maupun GeNose yang bisa dilakukan di banyak stasiun di Jakarta. Harga rapid test antigen di stasiun pun lebih murah dari standar yang ditetapkan pemerintah, yaitu hanya Rp105.000 dan GeNose hanya Rp20.000 per orang. Anda bebas memilih ingin melakukan tes yang mana sebelum berangkat naik kereta api.
5. Bagasi lapang
Tidak seperti pesawat yang punya aturan bagasi ketat, namun saat naik kereta api Anda bisa membawa barang bawaan tanpa khawatir dikenai biaya tambahan. Namun pastikan Anda menyimpan bagasi di tempat yang tidak mengganggu penumpang lainnya, seperti di bagasi overhead maupun di bawah kursi.
6. Perjalanan lebih fleksibel
Naik kereta api tidak akan membuat Anda terburu-buru. Jika sudah punya hasil negatif rapid test antigen maupun GeNose, Anda bisa datang sekitar 1-2 jam sebelum waktu keberangkatan. Anda pun jadi tidak perlu tergesa-gesa berangkat ke stasiun karena tidak ada check in bagasi seperti saat naik pesawat. Anda hanya perlu check in mandiri di mesin yang tersedia, lalu petugas akan memeriksa tiket dan KTP, lalu setelah itu Anda bisa langsung menuju peron keberangkatan kereta.
7. Bonus pemandangan indah
Selama perjalanan, Anda akan ditemani dengan pemandangan indah kota-kota yang dilewati. Mulai dari suasana perkotaan, pedesaan, hutan maupun persawahan, melintasi jembatan di atas sungai, perbukitan hijau dengan lembah yang dalam dan masih banyak lainnya. Hal ini akan membuat perjalanan Anda tidak terasa bosan karena ragam pemandangan yang ditawarkan selama perjalanan ke stasiun tujuan.
Itulah tadi 7 alasan kenapa naik kereta api itu menyenangkan, terutama di masa pandemi ini. Protokol kesehatan pun dilakukan secara ketat di stasiun, mulai dari cek suhu badan, wajib bawa hasil negatif rapid test dan juga wajib pakai masker selama di stasiun awal hingga stasiun tujuan. Jadi perjalanan Anda akan terasa lebih aman dan nyaman.
Tunggu apa lagi? Jangan ragu bepergian naik kereta api di masa pandemi ini dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Segera pesan tiket kereta api ke kota impian Anda dengan mudah di Traveloka agar rencana bepergian bisa jadi kenyataan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021