Jakarta (ANTARA) - Lucas Piazon yang bergabung dengan Chelsea sejak 2011 namun tidak kunjung mendapat kesempatan bermain di sana akhirnya resmi meninggalkan Stamford Bridge untuk bergabung dengan klub Portugal Braga.

Pemain Brasil berusia 26 tahun itu merupakan pemain yang paling lama dimiliki Chelsea dalam skuad saat ini dan di atas kertas pernah bekerja di bawah arahan delapan manajer berbeda.

Namun realitanya, pekerjaan itu lebih banyak diwarnai sedikit latihan pramusim untuk disusul kabar peminjaman ke klub lain.

Transfer gelandang serang asal Brasil itu ke Braga sekaligus membuat dia memiliki klub permanen. Piazon sebelumnya pernah bermain di Spanyol, Belanda, Jerman, Italia, Portugal, serta pernah dipinjamkan kepada dua klub Liga Championship Reading dan Fulham.

Chelsea awalnya merekrut pemain muda menjanjikan itu dari Sao Paulo pada 2011, namun karena masalah izin kerja dia baru resmi tergabung ke The Blues pada Januari 2012.

Pada fase itu, Piazon digadang-gadang memiliki semua kemampuan teknis yang diperlukan untuk menjadi bintang besar. Ia juga kerap disebut-sebut sebagai penerus Kaka.

Baca juga: Pogba akui MU belum selevel Liverpool

Piazon kemudian sempat dianugerahi penghargaan Pemain Muda Terbaik setelah membantu Chelsea menjuarai Piala FA junior pada Mei 2012.

Ia kemudian mendapat tiga kali kesempatan membela Chelsea senior selama musim 2012/2013. Piazon dimainkan sebagai pemain pengganti oleh manajer Rafael Benitez di Liga Inggris untuk bermain selama 15 menit terakhir saat Chelsea menang 8-0 atas Aston Villa, serta dimainkan pada dua pertandingan Piala Liga Inggris.

Setelah itu peruntungannya memburuk. Ia memulai fase dipinjamkan ke berbagai klub di dalam dan di luar Inggris.

Piazon bermain untuk Malaga di Spanyol sebelum dipinjamkan kepada Vitesse Arnhem di Belanda dan Eintracht Frankfurt di Liga Jerman.

Pada 2015, dia kembali ke Inggris untuk menjalani masa pinjam di Reading dan Fulham. Ia membela Fulham dua musim berturut-turut dan turut membawa mereka promosi ke Liga Inggris pada 2017/2018. Setelah membela Fulham, dia dipinjamkan ke Chievo Verona dan klub Portugal Rio Ave.

Baca juga: Arteta senang pada semangat Arsenal meski ditahan imbang Palace