Jakarta (ANTARA) - Napoli harus bekerja keras sebelum menang 3-2 atas tim Serie B Empoli pada pertandingan 16 besar Piala Italia yang dimainkan di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis dini hari WIB.

Partenopei memimpin terlebih dahulu melalui gol Giovanni Di Lorenzo pada menit ke-18 sebelum Nedim Bajrami menyamakan kedudukan pada menit ke-33.

Hirving Lozano merestorasi keunggulan Napoli pada menit ke-38 dan Bajrami kembali menyamakan kedudukan untuk tim tamu pada menit ke-68. Napoli baru mampu memastikan kemenangan berkat gol Andrea Petagna pada menit ke-77, demikian catatan laman resmi FIGC.

Pada babak perempat final, Napoli akan bertemu AS Roma atau Spezia.

Empoli harus bermain tanpa didampingi pelatih Alessio Dionisi dan tiga pemain utamanya, yakni Leonardo Mancuso, Roberto Pirrello, dan Szymin Zurkowski. Keempat orang itu diwajibkan menjalani isolasi beberapa jam sebelum pertandingan karena melakukan kontak dengan orang yang positif COVID-19.

Lozano memaksa kiper Empoli Jacopo Furlan melakukan penyelamatan, namun kemudian menjadi pengumpan untuk gol pemecah kebuntuan. Umpan silangnya darisisi kiri disambut tandukan Di Lorenzo yang berbuah gol. Itu merupakan gol istimewa bagi Di Lorenzo karena dibukukan ke gawang bekas klubnya.

Baca juga: Inter depak Fiorentina dari Piala Italia

Empoli hampir segera menyamakan kedudukan ketika Matos melepaskan tendangan akrobatik yang membentur mistar gawang. Eljif Elmas memberi ancaman untuk tim tamu, namun Empoli menyamakan kedudukan melalui penyelesaian indah. Bajrami melepaskan sepakan melengkung ke sudut jauh gawang dari sudut yang sulit.

Tidak lama berselang, Lozano memaksimalkan kesalahan Davide Zappella di area pertahanannya dan melepaskan sepakan keras ke sudut gawang dari jarak 20 meter untuk membawa Napoli kembali memimpin.

Sepakan Matteo Politano yang terbelokkan mendarat ke bagian atas gawang, namun Empoli kembali menyamakan kedudukan melalui Bajrami. Sang pemain kembali melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang sempat memantul di tiang gawang sebelum melesak masuk.

Napoli berusaha menyerang habis-habisan dan Lozano mencegat bola operan ke belakang, namun sepakan Lorenzo Insigne melambung ke atas gawang. Sepakan selanjutnya dari pemain Meksiko itu menyerempat sisi gawang.

Dari tendangan sudut, Samuele Ricci menyapu bola sundulan Amir Rrahmani, namun Petagna bergerak cepat menyambar bola pantul untuk membawa Napoli kembali unggul 3-2.

Baca juga: Milan singkirkan Torino dari Piala Italia melalui adu penalti

Susunan pemain kedua tim:

Napoli (4-2-3-1): Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Kalidou Koulibaly, Faouzi Ghoulam, Diego Demme (Tiemoue Bakayoko 88'), Stanislav Lobotka (Piotr Zielinski 70'), Eljif Elmas (Fabian 70'), Hirving Lozano, Matteo Politano (Lorenzo Insigne 61'), Andrea Petagna (Fernando Llorente 88')
Pelatih: Genarro Gattuso

Empoli (4-3-1-2): Jacopo Furlan, Mattia Viti, Aleksa Terzic (Kristan Asllani 85'), Nicolo Casale, Davide Zappella, Nicolas Haas (Andrea Cambiaso 61'), Samuele Damiani, Samuele Ricci, Roberto Pirrello, Nedim Bajrami (Tommaso Baldanzi 85'), Matos (Stefano Moreo 61'), Marco Olivieri (Andrea La Mantia 72')
Pelatih: Paolo Cozzi