Padang (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang, memprakirakan tinggi gelombang di perairan Kepulauan Mentawai hingga laut lepas (Samudera Hindia) mencapai tiga meter pada Jumat mulai pukul 07.00 WIB.

Analis BMKG Padang, Rendy Irawadi, Kamis, menjelaskan, gelombang setinggi tiga meter itu berbahaya bagi perahu dan tongkang.

Sementara itu, ketinggian gelombang di perairan Sumatera Barat (Sumbar) dalam waktu yang sama berpotensi 1,5 sampai dua meter, juga berbahaya bagi perahu nelayan.

Cuaca untuk wilayah pesisir pantai barat Sumbar umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan pada malam hari. Angin bertiup dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan 05-40 kilometer per jam.

Sedangkan cuaca daratan Sumbar umumnya serah berawan pada pagi sampai dengan siang hari dan berawan serta berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada sore-malam serta dini hari.

Angin bertiup rata-rata dari barat daya hingga timur laut dengan kecepatan enam sampai 20 kilometer per jam. Temperatur udara rata-rata berkisar antara 22 - 31 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar antara 60 dan 94 persen.

Wilayah Sumbar yang berpotensi diguyur hujan hampir merata dengan intensitas ringan, meliputi di Kota Padang, Pariaman, Padangpanjang, Bukittinggi.

Selanjutnya, Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Agam, Padangpariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Sijunjung, Dharmasraya dan Limapuluh Kota sekitarnya.
(SA/K004)