Bandung (ANTARA News) - Angelina Sondakh selaku Sekretaris Tim Sukses calon Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, memuji sikap Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono yang bersikat netral.

"Isi pidato dan sikap beliau sejak kongres dibuka semalam telah jelas. Dan SBY memang benar-benar membuktikan sikap netral dan jiwa demokratis beliau," tegasnya kepada ANTARA di sela-sela Kongres Ke-2 Partai Demokrat yang berlangsung di sebuah resor wisata, di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), Sabtu.

Realitas inilah yang menurut Angelina Sondakh dari kubu Anas Urbaningrum semakin yakin, proses pemilihan ketua umum pada Kongres yang akan berakhir 23 Mei 2010, bakal berlangsung `fair`, apalagi SBY telah memperingatkan dengan keras, jangan ada pihak menggunakan politik uang atau melakukan intimidasi kepada pemegang hak suara.

"Menurut sumber yang layak kami percaya, situasi di lingkup para pemilih (DPC dan DPD) kini kondusif, diliputi keceriaan berdemokrasi. Dan inilah yang sangat kami inginkan yakni biarkan para pemegang hak suara itu mengekspresikan sikap demokrat tulen dengan tanpa tekanan apa pun," ujarnya.

Mengenai posisi dukungan terhadap Anas Urbaningrum, ia merendah dengan mengatakan, pihaknya memang mengandalkan `politik putih`, berkiprah secara sejuk, tanpa harus terpancing melakukan aksi black campaign.

"Tapi yang di luar perhitungan banyak kalangan politisi dan pengamat, ternyata justru saingan utama mas Anas adalah pak MA (Marzuki Alie, Red)," ungkap Angelina Sondakh.(M036/A041)