Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc pada Selasa mempertanyakan data terakhir yang menunjukkan bahwa ponsel pintar bersistem operasi Google Android melampaui penjualan iPhone di Amerika Serikat (AS) dan mengatakan tidak ada tanda-tanda bahwa kompetisi di pasar smartphone dimenangkannya.

Kelompok riset NPD mengatakan pada Senin bahwa meraih 28 persen dari total volume penjualan di AS pada kuartal pertama, menyusul Apple dengan 21 persen. Research in Motion Ltd bertengger di puncak dengan 36 persen.

Apple mengatakan data NPD tidak memberikan gambaran yang akurat.

"Ini laporan yang sangat terbatas dengan hanya 150 ribu konsumen AS dalam survei online, tapi tidak termasuk pelanggan iPhone dan iPod touch yang lebih dari 85 juta di seluruh dunia," kata juru bicara Apple Natalie Harrison.

Dia mengatakan penjualan iPhone melebihi Android seluruh dunia, dan merujuk sebuah laporan IDC minggu lalu iPhone meraih 16,1 persen pangsa pasar global, setelah RIM yang nomor 2 dan Nokia nomor 1.

"Kami sudah memecahkan rekor satu kuartal dengan penjualan iPhone yang naik 131 persen belum ditambah penjualan software iPhone OS 4,0 musim panas ini, kami tidak melihat tanda-tanda persaingan terkejar dalam waktu dekat," kata Harrison.

Apple telah menjual lebih dari 51 juta iPhone sejak 2007.

Saham perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Kalifornia, itu naik 2,2 persen menjadi 259,55 dolar di Nasdaq pada Selasa, demikian dilaporkan Reuters.

(Adm/S026)