Jakarta (ANTARA) - Leeds United pada Sabtu mengumumkan mereka mengabadikan bek legendaris Jack Charlton sebagai nama baru tribun timur markas mereka, Elland Road.

Hal itu dilakukan Leeds untuk menghormati Charlton yang meninggal dunia dalam usia 85 tahun pada Juli lalu.

Kini Charlton tergabung dalam jajaran nama legendaris lain yang diabadikan sebagai nama tribun di Elland Road yakni John Charles, Norman Hunter dan Don Revie, serta Billy Bremer yang patungnya berdiri tegak di luar stadion.

Baca juga: Bek legendaris Inggris dan Leeds United Jack Charlton meninggal dunia

"Kontribusi Jack Charlton terhadal Leeds United dan dunia sepak bola pada umumnya tidak bisa dinilai," kata CEO Leeds Angus Kinnear di laman resmi klub.

"Sudah sewajarnya kami mengabadikan namanya di tribun stadion, sebab ia seorang ikon," ujarnya menambahkan.

Charlton bergabung dengan Leeds sejak level akademi dalam usia 15 tahun pada 1950 sebelum melakoni debut di tim senior dua tahun kemudian dan menghabiskan seluruh 23 tahun kariernya di satu klub saja dengan memegang rekor jumlah penampilan terbanyak yakni 773 kali.

Baca juga: 10 pemain Arsenal petik satu poin dari markas Leeds

Pemain berjuluk "Big Jack" itu membantu Leeds dua kali promosi dari Divisi Dua Liga Inggris sebagai runner-up pada 1956 dan jawara pada 1964.

Charlton merupakan bagian tim legendaris Leeds di bawah arahan Revie yang menjuarai Piala Liga 1968, Piala Inter-Cities Fairs (kompetisi Eropa) 1968 dan 1971, Divisi Utama 1968/69 serta Piala FA 1972.

Bersama adiknya, Bobby Charlton, Jack juga menjadi bagian skuat tim nasional Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966 di tanah sendiri.

Baca juga: Ancelotti pilih optimistis walau Lucas Digne menepi 2-3 bulan
Baca juga: Lys Mousset siap kembali bela Sheffield United, Chris Wilder sumringah
Baca juga: Duet Welbeck-Maupay di lini depan Brighton diyakini terus berkembang