Jakarta (ANTARA) - RKC Waalwijk mencuri tiga poin penuh dari markas Twente, Stadion De Grolsh Veste, seusai menundukkan tuan rumah 2-0 dalam laga pekan ke-10 Liga Belanda pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Hasil itu jadi kemenangan kedua yang diraih RKC musim ini dan tim besutan Fred Grim tersebut merangkak menjauhi zona degradasi dan kini menempati urutan ke-11 klasemen dengan koleksi sembilan poin.

Sedangkan Twente (18) yang menelan kekalahan pertama dalam empat pertandingan terakhir sementara masih menduduki posisi kelima, tetapi bisa disalip oleh Heerenveen (17) yang baru main sehari berselang.

Baca juga: 10 pemain Feyenoord hempaskan Fortuna Sittard 3-1

Catatan statistik laman resmi Liga Belanda memperlihatkan Twente tampil lebih dominan dan begitu agresif melepaskan 14 percobaan tembakan sepanjang laga, tetapi tak satupun terkonversi jadi gol.

Bahkan tuan rumah memulai pertandingan dengan cara yang bagus ketika situasi sepak pojok berusaha diselesaikan oleh Danilo hanya tiga menit selepas sepak mula, tetapi tembakannya membentur tiang gawang.

Setelah sukses meredam gelombang serangan Twente, RKC mencuri keunggulan pada menit ke-22 saat umpan silang Ola John bisa disambut sepakan kaki kiri Cyril Ngonge untuk menaklukkan kiper Joel Drommel.

Keunggulan itu digandakan hanya delapan menit kemudian, lagi-lagi hasil assist John yang diselesaikan dengan tembakan keras Finn Stokkers ke pojok kanan atas gawang.

Kerja keras Twente tak kunjung membuahkan hasil, bahkan mereka tak diizinkan memperoleh gol hiburan ketika peluang pemungkas pada menit ketiga injury time dari Lazaros Lamprou bisa dijinakkan kiper Kostas Lamprou.

Baca juga: Ajax kembali ambil alih puncak usai gasak Heracles Almelo

Hasil itu jelas bukan modal positif bagi Twente yang bakal melawat ke markas pemuncak klasemen sementara, Ajax, dalam pertandingan selanjutnya pada Sabtu (5/12).

Sedangkan RKC yang akhirnya kembali ke jalur kemenangan tentu berusaha untuk tak beranjak dari posisi itu ketika menjamu VVV Venlo di Mandemakers pekan depan.

Baca juga: PSV Eindhoven gasak 10 pemain Willem II tiga gol tanpa balas