Miami (ANTARA News/Reuters) - Minyak mentah yang tumpah di Teluk Meksiko akhirnya dapat mengobrak-abrik Pantai Miami atau kepulauan penghalang di North Carolina, jika minyak tersebut bergabung dengan arus laut yang kuat, kata seorang ahli kelautan, Selasa.

Robert Weisberg, ahli kelautan di University of South Florida, mengatakan pada satu konferensi bahwa apa yang disebut Arus Pusaran, yang menyapu seluruh Teluk Meksiko siap bergabung dengan tumpahan minyak yang menyebar.

Segera setelah "perangkaian" terjadi, katanya, minyak tersebut akan ditarik dengan cepat ke selatan di sepanjang pantai Teluk Florida dan ke luar ke Selat Florida, antara Amerika Serikat dan Kuba.

"Tepat kapan minyak memasuki Arus Pusaran di permukaan tak diketahui, tapi tampaknya itu akan terjadi," kata Weisberg, yang merujuk kepada arus yang beredar di Teluk Meksiko.

"Itu dapat terjadi dalam beberapa hari atau lebih lama lagi tapi kelihatannya itu akan terjadi, dan itu kelihatan akan terjadi lebih cepat," katanya.

Namun, tergantung atas angin lokal, semua pantai barat-daya Florida dan Florida Keys, di sepanjang terumbu karang dan ekosistem rentan Everglades, bisa saja selamat dari tumpahan miyak itu, kata Weisberg.

Itu mungkin terjadi karena pola perputaran samudra memperlihatkan tumpahan minyak tersebut bergerak ke laut, melewati kepulauan Dry Tortugas, sebelum minyak itu tertangkap di Arus Teluk dan membuatnya bergerak ke East Coast, AS, katanya.

"Segera setelah minyak itu berada di pintu masuk Teluk Florida, hanya satu pekan lagi atau lebih sebelum minyak tersebut dapat berada di sekitar Miami atau Palm Beach dan satu pekan kemudian atau lebih sampai minyak itu sampai ke Cape Hatteras," kata Weisberg.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan minyak tersebut memasuki Arus Pusaran, jurubicara bagi National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan lembaga itu tak memiliki ramalan jangka pendek mengenai itu.

"Sejauh Arus Pusaran Florida (mengalir), perkiraan kami ialah 72 jam dan saat ini ramalannya bukan dampak pada Florida," kata wanita jurubicara tersebut.

Weisberg mengatakan apakah ya, atau tidak, minyak itu memasuki perairan dangkal dalam perjalanan yang mungkin dilakukannya benar-benar akan tergantung pada hembusan angin.

"Apakah minyak tersebut mendarat, atau tidak, di satu tempat akan tergantung pada apa yang dilakukan angin pada saat tertentu ... Kelihatannya mungkin ada minyak di pantai di Miami tapi kami benar-benar tak dapat mengatakan secara pasti pada saat ini," katanya. (C003/K004)