Manchester, Inggris (ANTARA News/Reuters) - Bayern Munich mengatasi serangan gencar Manchester United pada Rabu (Kamis dinihari WIB) untuk mencapai semifinal Liga Champions berdasarkan aturan gol tandang setelah kalah 2-3 di Old Trafford.

Wayne Rooney secara mengejutkan tampil kembali setelah cedera pergelangan kaki pada pertandingan pertama di Allianz Arena pekan lalu. Tetapi bukan andalan United yang diganti pada awal babak kedua itu melainkan pemain sayap Bayern asal Belanda Arjen Robben lah, yang menjadi penentu dalam pertandingan tersebut melalui tendangan volinya 16 menit menjelang pertandingan usai.

Bayern tampaknya tidak akan meraih kemenangan saat pemimpin Bundesliga itu juga tercengang seperti semua orang dalam stadion, ketika penyerang Inggris Rooney berlari siap beraksi mengawali malam yang sensasional di Theatre of Dreams.

Tujuh menit yang menggemparkan membawa United membalik defisit 1-2 pada pertandingan pertama menjadi unggul secara agregat 3-2 melalui gol dari Darron Gibson dan Nani -- gol pertama mereka dalam Liga Champions.

Bayern tampak mati dan terkubur ketika Nani kembali mencetak gol setelah menit ke-41 tetapi pemain asal Kroasia Ivica Olic, pencetak gol penentu kemenangan di Munich, membalaskan satu gol dua menit kemudian dan ketika pemain belakang United asal Brazil Rafael diusir keluar lapangan lima menit setelah pertandingan dimulai kembali dan Rooney yang tampak lelah diganti, tim asal Jerman itu menggempur.

Mantan pemain sayap Chelsea Robben mencetak gol pembunuh, dengan mengarahkan tendangan voli yang tak terbendung melewati Edwin van der Sar untuk membawa timnya ke semifinal melawan Olympique Lyon.

Kekalahan United itu berarti tidak ada klub Inggris yang mencapai babak empat besar untuk pertamakalinya sejak 2003.

Itu juga membuat United dalam bahaya pad amusim kompetisi ini setelah mereka kalah oleh Chelsea Sabtu lalu, yang berarti mereka tidak lagi menjadi favorit untuk memenangi Liga Utama Inggris (Liga Premier).

Meskipun United kurang bersemangat melawan Chelsea saat Rooney yang produktif absen, mereka tak terbendung pada babak pertama, Rabu (Kamis dinihari), kendati pemain depan Inggris itu sama sekali tidak menembakkan bola.

Bayern tampaknya seperti bingung dengan hadirnya Rooney sehingga mereka melupakan dasar-dasar pertahanan menghadapi serangan pembuka United.

Sentuhan pertama Rooney terhadap bola yang cukup berarti adalah ketika ia melepasnya menuju Gibson dan ia bebas memasuki area Bayern sebelum menembakkan tendangan kaki kanan ke gawang Hans-Joerg Butt.

Empat menit kemudian, saat tim Bayern panik, Antonio Valencia mengusik Holger Badstuber dekat garis batas kanan dan mengirim umpan silang rendah yang disambut Nani dengan tumitnya untuk kemudian menyarangkannya.

Ketika Nani melakukan tembakan luar biasa ke gawang lawan setelah menit ke-41 tampaknya pertandingan melawan Roma pada babak yang sama tiga tahun lalu, yang berakhir dengan 7-1 ketika United juga membalik defisit 1-2 pada pertandingan pertama, akan terulang.

Namun United segera harus menerima kenyataan ketika Olic megambil keuntungan dari bola yang terlepas dari Michael Carrick sebelum tembakannya dari sudut sulit melewati Van der Sar.

Tim tuan rumah berkurang menjadi 10 pemain setelah menit ke-50 ketika Rafael, yang sudah mendapat kartu kuning, melakukan tindakan yang tidak perlu, menarik Franck Ribery, dan kegelisahan penonton meningkat setelah itu ketika Rooney digantikan oleh John O`Shea.

Untuk pertamakalinya pada malam itu United mulai mundur ke gawang mereka sendiri meskipun mereka masih berbahaya saat serangan balik dengan Nani nyaris mencetak hatrik. (F005/K004)