Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten memperkirakan gelombang laut di perairan Selat Sunda bagian Utara Merak - Bakauheni, Minggu hingga Senin setinggi 1,6 meter.

"Sedangkan kecepatan angin 12 knot atau 24 kilometer per jam," kata pengamat cuaca BMKG Banten Tatang saat dihubungi di Rangkasbitung, Sabtu.

Ia menyebutkan selama dua hari ke depan diperkirakan ketinggian gelombang laut di perairan Selat Sunda antara 0,6 meter hingga 1,6 meter.

Angin bertiup dari Barat Daya dengan kecepatan 0,4 hingga 12 knot. Cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan pada sore dan malam hari.

"Saat ini cuaca di perairan Merak - Bakauheni normal, dan tidak membahayakan bagi pelayaran kapal `roll on roll of` (Ro-Ro) serta kapal cepat," katanya.

Sementara itu, petugas Kesyahbandaran Pelabuhan Merak Erwanto mengatakan dalam dua hari terakhir jumlah kapal Ro-Ro yang dioperasakan sebanyak 22 unit, dan dua unit kapal cepat.

Ia mengatakan penyeberangan Merak - Bakauheni pada Sabtu normal, dan jumlah penumpang serta kendaraan yang diangkut kapal meningkat dibanding hari-hari biasa.

"Peningkatan itu karena libur panjang akhir pekan bertepatan dengan libur nasional memperingati Wafatnya Isa Al Masih," katanya.

(U.KR-MSR/R009)