Jakarta, 25/03 (ANTARA) - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dirancang untuk pengentasan kemiskinan dan penganguran dengan pemberdayaan masyarakat sangat miskin, miskin dan hampir miskin. Demikian disampaikan Menteri Keuangan dalam Kegiatan Sosialisasi PNPM Mandiri Tahap II yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri, Rabu (24/03).

Apabila kegiatan ini dapat dilakukan dengan baik dan berkesinambungan, maka akan menimbulkan dampak pengentasan kemiskinan yang berkelanjutan. Adapun dana PNPM saat ini semakin lama dari tahun ke tahun semakin besar. Untuk tahun 2010 dana PNPM dialokasikan sebesar 11,8 Triliun untuk seluruh Kecamatan. "Hasil dari penelitian, apabila PNPM dapat berjalan dengan baik, maka akan ada 24 juta orang akan mendapat pekerjaan, dan dampak ikutannya akan ada 16 juta rakyat miskin akan mendapat manfaat dari itu, serta 5,9 juta mendapatkan kenaikan penghasilan," ujar Sri Mulyani.

Untuk mencapai kesuksesan PNPM harus ada partisipasi luas seluruh pihak. Pemda jadi motor penting dalam kegiatan PNPM ini, pendekatannya dengan kecamatan. Pemda berperan sebagai fasilitator, karena biasanya mempunyai ide atau kreatifitas, dan masyarakat sebagai pelaku dari apa yang diprogramkan oleh Pemda. "Semua akan berjalan kalau masyarakat dilibatkan, banyak hal yang dapat dilakukan," tambah Sri Mulyani.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Harry Z. Soeratin, Kepala Biro Humas, Kementerian Keuangan