Jambi (ANTARA News) - Sebanyak 173 siswa di Kota Jambi tidak mengikuti ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat pada hari pertama pelaksanaan, Senin.

"Jumlah tersebut diketahui setelah dilakukan pendataan oleh panitia di kantor Dinas Pendidikan hingga petang tadi," ujar Kabid Pendidikan Menengah yang juga koordinator pelaksanaan UN SMA sederajat Dinas Pendidikan Kota Jambi Jaharudin di Jambi, Senin.

Menurut Jaharudin, peserta yang tidak ikut UN disebabkan oleh beberapa alasan, terutama sakit, sebagian besar disertai keterangan dokter. Namun sebagian lainnya izin secara lisan yang diwakili oleh walimurid. Ada juga yang tidak masuk UN hari pertama tanpa izin apapun.

Dari 173 siswa yang tidak mengikuti UN, di antaranya terdiri dari 63 siswa SMA, 94 siswa SMK dan 16 siswa dari tingkat sekolah madrasah aliyah (MA).

Jaharudin mengatakan, bagi siswa yang izin disertai izin dokter maka akan diperbolehkan mengikuti UN susulan yang rencananya dijadwalkan mulai Senin (29/3) mendatang.

Sementara bagi siswa yang tidak masuk tanpa alasan atau keterangan dokter, sesuai aturan tidak diperkenankan mengikuti UN susulan, namun tetap diperbolehkan mengikuti UN pada hari kedua nanti.(ANT/A038)