Balikpapan (ANTARA News) - Tim tuan rumah Persiba Balikpapan unggul 2 - 0 atas Persebaya Surabaya pada laga tanding Indonesia Super League (ISL) di stadion Persiba Balikpapan, Rabu.

Gol pertama tim Persiba dicetak oleh Ferry Ariawan (31) pada menit ke-31 yang membobol gawang kiper Endra Prasetya. Gol tercipta oleh Ferry yang mendapat umpan bola dari Eddy Gunawan (16).

Unggul dengan angka 1 - 0 membuat para pemain Persiba semakin meningkatkan pola permainannya menyerang pertahanan Persebaya.

Menit ke-41 babak pertama, Persiba kembali menambah angka dengan gol hasil tendangan striker asingnya asal Syria, M. Albicho (99), setelah mendapat bola umpan dari Julio Lopez (9).

Hingga waktu babak pertama berakhir kedudukan tetap bertahan 2 - 0 atas Persiba.

Memasuki babak kedua Persebaya bermain keras untuk mengejar ketinggalan guna memperoleh angka.

Berkali-kali para pemain tim Persebaya berusaha membobol pertahanan Persiba yang dijaga oleh kiper I Made Wirawan namun berkali-kali gagal.

Wasit yang memimpin pertandingan adalah Oki Dwi Putra dari Bandung dan dia sempat mengeluarkan dua kartu kuning.

Kedua kartu kuning yang dikeluarkan Oki seluruhnya diperuntukan oleh dua pemain Persebaya yakni kapten Persebaya John Tarkpor (7) pada menit ke-43 babak pertama dan HM Halil (2) pada menit ke-78 babak kedua.

Hingga pertandingan usai Persebaya tidak mampu memperoleh dan kedudukan 2 - 0 atas keunggulan Persiba.

Pelatih Persiba Hariyadi mengatakan kondisi fisik pemain tim tuan rumah kelelahan.

"Meskipun kondisi mengalami kelelahan, tapi para pemain kita tetap melakukan pola menekan kepada tim Persebaya," ujar Hariyadi.

Kemenangan 2 - 0 atas tim Persebaya merupakan modal selanjutnya untuk untuk melawan Persipura pada tanggal 20 Maret 2010 di stadion Persiba.

Sementara itu, pelatih Persebaya, Rudi Keeltjes mengatakan bahwa kekalahan tim asuhannya karena tidak menguasai lapangan.

"Yang mampu menguasai lapangan hanya Taufiq, namun bukan berarti lapangannya jelek hanya saja pemain kami tidak terbiasa," jelasnya.Rudi mengatakan bahwa Persiba lebih menguasai tiap-tiap sudut lapangan.(S035/A038)