Berlin (ANTARA News/Reuters) - Pesepak bola asal Belanda, Arjen Robben, mencetak gol duakali dalam tujuh menit untuk membawa Bayern Munich meraih kemenangan 2-1 atas Freiburg saat mereka kembali ke puncak klasemen Liga Utama Jerman (Bundesliga), Sabtu waktu setempat.

Robben kembali menjadi penyelamat saat tim tersebut kehilangan Franck Ribery, Mario Gomez dan Martin Demichelis yang cedera serta Bastian Schweinsteiger yang dilarang main.

Bayern berada di puncak klasemen dengan 56 poin dari 26 pertandingan, di atas Schalke yang mengumpulkan 54 setelah menundukkan VfB Stuttgart 2-1 pada Jumat. Tim di urutan ketiga Bayer Leverkusen dijadwalkan menjamu Hamburg SV pada Minggu.

"Luar biasa bagaimana dia (Robben) bermain musim ini," kata pelatih Bayern Louis van Gaal memuji rekan senegaranya itu. "Saya sungguh senang mempunyai dia," katanya kepada wartawan.

Freiburg unggul lebih dulu ketika tembakan Cedric Makiadi dari tepi kotak penalti melewati kiper Hans-Joerg Butt.

Sedangkan Bayern, empat hari setelah mencapai perempatfinal Liga Champions, berjuang untuk merangkai serangan dengan mengandalkan langkah Robben untuk membawa bola ke depan.

Pemain sayap itu meningkatkan langkah dan mencetak gol pada babak kedua ketika ia menyarangkan satu tendangan bebas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-76 sebelum mencetak gol melalui tendangan penalti yang didapat setelah Thomas Mueller melakukan pelanggaran tujuh menit kemudian, menghasilkan golnya yang ke-10 dalam liga musim ini.

Juara bertahan VfL Wolfsburg mempertahankan harapan mereka untuk meraih tempat dalam kompetisi Eropa tetap hidup setelah menang 4-0 di kandang Borussia Moenchengladbach, dengan pemain asal Bosnia Edin Dzeko mencetak gol duakali, untuk naik ke posisi delapan dengan 37 poin.

Zvjezdan Misimovic dan Dzeko mencetak gol masing-masing pada babak pertama dan kedua sebelum tembakan Christian Gentner dari tepi kotak penalti tak dapat dihentikan membuat kedudukan menjadi 3-0 saat pertandingan berlangsung satu jam.

Dzeko menggenapi kemenangan dengan golnya yang ke-14 musim ini untuk bergabung di posisi teratas pencetak gol terbanyak.

Harapan tim terbawah Hertha Berlin untuk bertahan menguap ketika mereka kalah 1-2 dari tim yang terancam degradasi Nuremberg setelah gol kemenangan dari Angelos Haristeas menjelang pertandingan usai.

Fans Hertha yang marah masuk ke lapangan saat peluit akhir berbunyi, meluapkan rasa frustrasi mereka pada papan iklan dan bangku pemain sebelum didorong kembali ke tribun oleh polisi.

Sekitar 30 orang ditahan sebentar, kata polisi.
(Uu.F005/A023/P003)