Los Angeles (ANTARA News) - Film tentang Perang Iraq "The Hurt Locker," mendominasi Oscar setelah memenangkan enam anugerah utama Oscar, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik untuk Kathryn Bigelow yang menjadi perempuan pertama yang memenangkan penghargaan itu.

Film drama yang berkisah tentang satuan spesialis penjinak bom dan emosi korban perang ini juga menempatkan Mark Boal sebagai penulis naskah asil terbaik, selain menggondol editing dan tata suara terbaik.

"Hurt Locker" dan Bigelow meraih Oscar dengan harus bersaing terlebih dahulu dengan keras melawan mantan suaminya James Cameron, yang petualangan fiksi ilmiahnya "Avatar" menangguk sekitar 2,5 miliar dolar AS yang merupakan terlaris dan semula dianggap akan menjadi film terbaik.

"Ini benar-benar terjadi, tak bisa terlukiskan oleh apapun, ini momen tak terlupakan," kata Bigelow.

"Avatar" sendiri meraih 3 Oscar, namun hanya untuk kategori teknis, yaitu efek visual, sinematografi dan art direction.

Aktor veteran Jeff Bridges dinobatkan sebagai aktor terbaik setelah sukses memerankan sebagai penyanyi country peminum dalam drama "Crazy Heart."

Putera dari bintang Hollywood Lloyd Bridges ini mengacungkan tropi ke atas kepala, menengadah dan berterimakasih kepada mendiang kedua orangtuanya.

"Mom and Dad, yeah (Ibu dan ayah, ya). Terimasih ibu dan ayah karena mengantarkanku ke profesi sangat menyenangkan ini," katanya keras-keras.

Sandra Bullock dinobatkan sebagai aktris terbaik dalam film "The Blind Side", Oscar pertamanya untuk aktris yang pernah disebut "America's Sweetheart" (kesayangan orang Amerika) karena memenangkan begitu banyak penggemar dalam ragam film romantiknya.

Dalam "The Blind Side," dia memerankan seorang ibu berkemauan keras yang mendidik seorang anak gelandangan dan mengubahnya menjadi olahragawan (american football) yang sukses.

"Apakah aku sungguh-sungguh pantas memperoleh ini, atau apakah aku sudah membosankan kalian?, kata Bullock berseloroh di podium Oscar.

Drama satire Precious: Based on the Novel "Push" by Sapphire memperoleh dua Oscar, termasuk aktris pembantu terbaik untuk Mo'Nique dan naskah adaptasi terbaik untuk penulis Geoffrey Fletcher, yang adalah orang Afro-Amerika pertama yang mendapat penghargaan di kategori ini.

Christoph Waltz memenangi aktor pembantu terbaik untuk perannya sebagai perwira Nazi dalam kisah fantasi balas dendam kaum Yahudi "Inglourious Basterds," yang memburu sekelompok Yahudi Amerika yang membunuh musuh-musuhnya dalam Perang Dunia Dua.

"Up" dianugerahi film animasi terbaik dan film Argentina "The Secret in Their Eyes" menjadi film berbahasa non Inggris terbaik. (*)

Sumber: reuters/jafar sidik