Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis malam ini dijadwalkan akan memberikan pidato di Istana Merdeka Jakarta menanggapi keputusan rapat paripurna DPR mengenai kasus Bank Century Rabu (3/3).

Staf khusus Presiden Andi Arief membenarkan rencana pidato itu yang akan berlangsung sekitar pukul 20.00 WIB. "Iya nanti malam," katanya.

Sementara pada Kamis pagi, Presiden akan menerima kunjungan kehormatan mantan Sekjen PBB Kofi Annan di Istana Negara dan memberikan Kuliah Presiden pada pukul 10.00 WIB.

Pada pukul 14.00, Presiden juga dijadwalkan menggelar rapat terbatas bidang Polkam di kantor Presiden.

Rapat Paripurna DPR semalam memutuskan untuk memilih opsi C, yaitu hasil keputusan fraksi-fraksi di Panitia Angket Century yang menilai adanya pelanggaran dalam pemberian dana talangan terhadap Bank Century sebesar Rp6,7 triliun serta adanya penyelewengan aliran dana dari bank itu.

Sebanyak 325 anggota Dewan memilih Opsi C sedangkan Opsi A dipilih oleh 212 anggota DPR.

Dugaan adanya pelanggaran itu membuat DPR meminta sejumlah pejabat harus bertanggung jawab seperti mantan Gubernur BI Boediono, Menkeu Sri Mulyani Indrawati dan sejumlah pejabat BI lainnya.(D012/A024)