Jakarta (ANTARA News) - Produsen telepon genggam terbesar di pasar Amerika Samsung Electronics Co, memperkenalkan ponsel (telepon selular) terbarunya yang menggunakkan piranti lunak pintar besutannya "bada" pada Minggu (14/2).

Dengan bada, perusahaan asal Korea ini menampilkan sistem TouchWiz untuk layar sentuhnya dan menjadikannya dasar platform sebuah telepon pintar guna menghadapi pesaingnya iPhone dan BlackBerry.

Samsung juga membuat ponsel berbasis sistem operasi yang bersaing dipasaran seperti Android besutan Google, dan Symbian, yang menjadi pendukung utama Nokia.

Presiden Divisi Ponsel Samsung, J.K Shin mengatakan, tujuan bada adalah memperluas pasar smartphone, dan membuatnya tersedia bagi pengguna di seluruh dunia.

Telepon baru itu, dijuluki Wave, yang merupakan telepon berlayar sentuh seperti iPhone. Fitur fiturnya sangat beragam, layar beresolusi tinggi menggunakan LED (light Emitting Diodes) organik atau OLEDs.

Samsung mengatakan, ponsel tersebut akan dipasarkan pada April, namun tidak menjelaskan apakah AS adalah salah satu pasar yang akan disambanginya, dan juga berapa ponsel itu akan dibanderol.

Guna mendukung Wave dan ponsel yang menggunakkan Touchwiz, Samsung meluncurkan aplikasi toko online di 50 negara tahun ini, termasuk AS.

Samsung memperkenalkan telepon barunya di Barcelona sehari setelah pembukaan Mobile World Congress, pameran terbesar perdagangan ponsel di dunia.
(yud/B010)