Abu Dhabi (ANTARA News/AFP) - Perusahaan minyak milik negara Abu Dhabi ADCO berinvestasi miliaran dolar untuk menaikkan produksi minyak darat (onshore) 400.000 barel per hari menjadi 1,8 juta barel per hari (bph) pada 2017, manajer umum Abdel Monim al-Kindy mengatakan Senin.

Awalnya, Abu Dhabi Company for Onshore Oil Operations (ADCO) memperkirakan investasi 5,3 miliar dolar antara sekarang dan 2012, kata Kindy dalam sebuah konferensi pers.

Dua kontrak senilai 1,5 miliar dolar dan 300-juta dolar akan "ditandatangani dalam waktu dua minggu" untuk memperluas dan mengembangkan ladang minyak di daratan emirat, terkaya di tujuh anggota Uni Emirat Arab.

ADCO juga memberikan kontrak senilai 3,5 miliar dolar kepada perusahaan minyak asing pada pertengahan 2009, kata Kindy.

Berbicara di sela-sela konferensi tiga hari tentang minyak di Abu Dhabi pada Senin, Kindy mengatakan proyek-proyek ini merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan keseluruhan produksi minyak mentah menjadi 3,5 juta barel per hari dari 2,8 juta barel per hari sekarang.

UEA menduduki cadangan minyak terbesar kelima di dunia, diperkirakan mencapai 97,8 miliar barel, di mana sekitar 95 persen dimiliki oleh Abu Dhabi, dan juga memiliki cadangan gas lebih dari 6.000 miliar meter kubik (212 triliun kubik kaki).(A026/K004)