Jakarta, (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi turun 15 poin, namun posisi rupiah yang berada di atas level Rp9.300 per dolar dinilai wajar, karena berada dalam kisaran antara Rp9.300 sampai Rp9.400 per dolar.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS turun menjadi Rp9.335-Rp9.345 per dolar dibanding penutupan akhir pekan lalu Rp9.320-Rp9.330.

Direktur Retail Banking, Kostaman Thayib di Jakarta, Senin mengatakan, rupiah yang berada di atas level Rp9.300 per dolar cukup aman, setelah satu bulan penuh sempat meliwati angka Rp9.400 per dolar.

"Kami memperkirakan posisi rupiah masih cukup aman tidak mengkhawatirkan setelah sebelumnya sempat mencapai angka Rp9.410 per dolar," katanya.

Rupiah, menurut dia, masih berpeluang untuk menguat lagi, apabila kondisi di dalam negeri kembali normal, setelah beberapa hari lalu terjadi aksi demo besar-besaran yang menimbulkan kekhawatiran pelaku pasar.

Pelaku pasar pada saat itu cenderung melepas rupiah, namun aksi demo yang berjalan lancar dan tenang mengakibatkan mereka kembali membeli mata uang rupiah itu, katanya.(H-CS/A024)