Medan (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali, Jumat, membuka musyawarah kerja nasional partai berlambang kabah itu di Balai Rakyat Jalan Cut Meutia.

Mukernas diikuti sekira 300 orang dari pengurus DPP, ketua dan sekretaris dewan pimpinan wilayah (DPW), pimpinan fraksi DPR dan MPR, anggota DPR, dan pejabat tinggi negara dari partai itu, serta ketua dan sekretaris DPC se-Sumatra Utara.

Dalam pembukaan juga tampak hadir Gubernur Sumut Syamsul Arifin dan para Muspida.

Ketua Panitia Pengarah Mukernas Chozin Humaidy mengatakan, Mukernas di Medan 29 hingga 31 Januari itu membahas lima agenda utama.

Pertama mengenai optimalisasi pemenangan Pilkada 2010-2011 yang akan diselenggarakan di 244 daerah.

Kedua menyangkut revaluasi kinerja PPP dan aparaturnya pada Pemilu 2009, baik di tingkat nasional, provinsi, dan kabupatem/kota.

Ketiga tentang kebutuhan dan konseptualisasi ideologi kerja yang mewujudkan fungsi partai politik sebagai penyerap, penghimpun, dan penyalur aspirasi politik masyarakat.

Keempat adalah program konsolidasi dan kaderisasi berjenjang menuju kebangkitan partai pada Pemilu 2014.

Dan kelima mengenai rekomendasi terhadap persoalan politik dan kebangsaan yang sedang aktual diantaranya kasus Bank Century.

Sekretaris Panitia Pengarah Mukernas Romahurmuziy mengatakan, kelima agenda yang dibahas itu akan menentukan posisi PPP dalam mengantarkan kadernya memenangkan Pilkada, menghadapi Pemliu 2014, maupun menyikapi persoalan yang berkembang.

"Saat ini persoalan yang sedang berkembang kasus kaus Bank Century, karena itu PPP juga akan memberikan rekomendasi pada Panitia Angket Kasus Bank Century," katanya.
(*)