Jakarta, (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan berbagi ilmu tentang kepemimpinan di bidang bisnis, pemerintahan dan di bidang resolusi konflik pada generasi muda.

Kalla akan membagi pengalamannya dalam workshop "JK on Leadership" yang diselenggarakan Universitas Paramadina. Program tersebut, diluncurkan di Jakarta, Rabu yang dihadiri oleh Jusuf Kalla.

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dalam sambutannya menuturkan workshop "JK on Leadership" telah digagas sejak sekitar setengah tahun lalu.

"Program ini tidak didesain karena ada krisis kepemimpinan tetapi justru untuk mengantisipasi tantangan Indonesia kedepan terutama menyiapkan generasi muda," katanya.

Kalla memiliki gaya kepemimpinan yang dinilai unik. JK adalah sosok yang cepat, tanggap, berani mengambil risiko, humoris, dan inovatif. Selama menjabat sebagai wapres, kata Anies, terdapat sekitar 412 keputusan yang telah diambil oleh Jusuf Kalla.

Untuk itu, kemudian muncul gagasan membuat program yang mengutamakan studi kasus dengan menghadirkan langsung JK, agar dapat berbagi dengan berbagai kalangan.

"Banyak tokoh bangsa yang setelah purna menjalankan peran banyak yang kemudian menyusun biografi dan center. Sementara yang kita butuhkan bukan sekedar narasi riwayat hidup dan riset tapi bagaimana strategi untuk mengatasi permasalahan bangsa," katanya.

Workshop "JK on Leadership" akan dilaksanakan mulai Februari 2009 di kampus Pascasarjana Universitas Paramadina. Seluruh pemasukan dari workshop tersebut akan digunakan untuk memberikan beasiswa bagi para lulusan SMA untuk belajar di Universitas Paramadina melalui "Paramadina-JK Fellowship Program".

Anies berharap, melalui kegiatan berbagai ilmu ini maka banyak pengetahuan yang didapat. "JK on Leadership" bertujuan untuk mendorong munculnya pemimpin dan negarawan yang inovatif dan efektif.

Setelah dilaksanakan di Universitas Paramadina, diharapkan program serupa dapat dilaksanakan di universitas lain di Indonesia, dengan demikian ilmu tentang kepemimpinan ini tidak hanya diperoleh di Jakarta saja tetapi juga di seluruh Indonesia.(*)