Jakarta (ANTARA News) - Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini, Rabu, mengimbau sarjana yang berasal dari desa atau daerah tertinggal pulang kampung untuk membangun daerahnya.

"Keterlibatan mahasiswa dan sarjana dalam pembangunan daerah tertinggal sangat penting, karena mereka adalah agen perubahan yang akan menggulirkan pembangunan masyarakat di daerah," katanya, saat berdialog dengan mahasiswa dari berbagai organisasi kemahasiswaan di kantornya, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, mahasiswa dan sarjana yang sudah dibekali berbagai disiplin ilmu mesti menerapkan ilmunya untuk mengembangkan daerah masing-masing, terutama daerah tertinggal.

"Kita ingin agar mahasiswa dan para sarjana bersama PDT ikut menyukseskan pembangunan di daerah tertinggal," katanya.

Dia mengatakan, saat ini PDT sudah bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menyebarkan mahasiswa dan sarjananya ke beberapa daerah tertinggal di Indonesia.

"Sekitar empat ribu hingga enam ribu mahasiswa UGM sudah siap untuk diterjunkan di beberapa daerah tertinggal di Indonesia," katanya.

Ia berharap organisasi kemahasiswaan mampu bersinergi dengan PDT dalam upaya mengembangkan daerah tertinggal dengan menyiapkan program-program unggulannya.(*)