Vientiene (ANTARA News) - Pelatih cabang taekwondo Satriyono optimistis Indonesia akan mampu meraih medali emas pada nomor Gyorugi pada SEA Games XXV Laos dengan performa atletnya yang ada pada saat ini.

"Basuki Nugroho saya lihat siap tempur, saya optimistis dia bakal bisa mengulang sukses seperti SEA Games lalu di Thailand dengan meraih emas di kelas 74-80kg," kata Satriyo di National University, yang dipakai sebagai ajang kompetisi taekwondo di Vientiene, Rabu.

Dia mengatakan prediksi tersebut tidak mengada-ada melihat prestasi yang ada pada Basuki, dan bahkan rekannya yang lainnya seperti Rizal Samsir yang akan turun di kelas menengah juga berpeluang mendulang medali emas, dan juga Catur Yuni di kelas berat serta Eka Sahara di kelas menenangah.

Sementara itu Basuki Nugroho sendiri juga merasa sudah siap tempur dengan performanya yang ada saat ini.

"Saya merasa fit dan saya akan berjuang keras untuk kembali meraih medali emas," katanya.

Ketika ditanya pesaing yang terberat akan datang dari atlet negara mana, Basuki mengatakan, sekarang ini kekuatan cukup merata tapi dirinya merasa lebih fokus.

"Dari enam atlet yang akan bersaing nanti, empat diantara sudah pernah ketemu saya dan saya punya rekor kemenangan lebih baik," kata Basuki tanpa menyebut secara rinci siapa atlet tersebut.

Kelas tersebut akan diikuti atlet dari Filipina, Thailand, Myanmar, Malaysia, Vietnam dan Indonesia.

Kompetisi taekwondo nomor Gyurogi akan mulai berlangsung, Kamis (10/12).(*)