Vientiane (ANTARA News/AFP) - Pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei diminta oleh pelatihnya untuk istirahat dan tidak tampil pada SEA Games XXV di Laos yang dibuka Rabu ini karena khawatir cedera.

"Saya minta dia (Lee) untuk istirahat sesuai saran dokter di Kuala Lumpur karena cedera pada pahanya," kata Misbun Sidek, pelatih nomor tunggal Malaysia seperti dikutip New Straits Times, Rabu.

Absennya Lee merupakan pukulan bagi tim bulu tangkis Malaysia di SEA Games. Sebelumnya mereka telah memborong tiga gelar pada turnamen tutup tahun World Super Series Masters Finals, dimana Lee menjadi juara tunggal putra.

"Ia perlu perawatan dan istirahat," kata Sidek.

"Chong Wei sudah merasa terganggu sejak turnamen Hong Kong Terbuka (bulan lalu) dan akan beresiko jika ia terus tampil setelah Super Series Masters Final baru-baru ini," tambahnya.

Misbun mengatakan, Lee perlu sedikitnya tiga pekan untuk pemulihan.

"Cederanya tidak serius, tapi ia perlu istirahat agar cedera itu tidak memburuk. Saya berharap masyarakat dapat memaklumim" kata Sidek.

Pelatih kepala Malaysia Rashid Sidek mengatakan, timnya masih berpeluang setidaknya meraih dua medali emas di SEA Games Laos meski tanpa diperkuat Lee.

Pesta Olah Raga Negara-Negara Asia Tenggara (SEA Games) yang untuk pertama kalinya berlangsung di Laos ini mempertandingkan 28 cabang olah raga.
(*)