Jakarta (ANTARA) - Penyerang Lazio Ciro Immobile menyabet gelar capocannoniere alias top skor Liga Italia Serie A musim ini sembari menyamai rekor dimiliki Gonzalo Higuain pada 2015/16, yakni mengemas 36 gol dalam semusim.

Immobile melengkapi raihan tersebut dengan menjebol gawang Napoli dalam laga pekan pemungkas musim 2019/20, kendati Lazio harus kalah 1-3 di Stadion San Paolo, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Baca juga: Juventus akan istirahatkan Ronaldo saat hadapi AS Roma

Gelar capocannoniere sejatinya sudah dipastikan jadi milik Immobile sebelum pertandingan kontra Napoli dimulai, sebab penyerang berusia 30 tahun itu sudah mengoleksi 35 gol dan pesaing terdekatnya, Cristiano Ronaldo (31), diistirahatkan dalam laga pemungkas Juventus kontra AS Roma, sedangkan pesaing lainnya berjarak belasan gol.

Bahkan, Immobile juga sudah dipastikan memenangi Sepatu Emas Eropa, sebagai pemain tersubur di antara liga-liga domestik Benua Biru sebab mengungguli bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowski yang "cuma" mencetak 34 gol di Liga Jerman.

Namun Immobile memanfaatkan kesempatan mempertajam rekor golnya ketika ia menjebol gawang Napoli pada menit ke-22 demi menjadikan dirinya sebagai pemain kedua yang mencapai torehan 36 gol semusim di Liga Italia setelah Higuain.

Higuain mencatatkan rekor serupa pada musim 2015/2016 saat masih berseragam Napoli. Sebelumnya legenda Torino Gino Rossetti juga pernah mengukir 36 gol dalam semusim saat Liga Italia masih bernama Divisione Nazionale pada 1928/29.

Baca juga: Inter amankan peringkat kedua klasemen setelah gulung Atalanta 2-0

Torehan Immobile selaku capocannoniere musim ini 10 gol lebih banyak dibanding peraih gelar musim sebelumnya, Fabio Quagliarella, yang mengoleksi 26 gol untuk Sampdoria.

Musim ini jadi kali ketiga Immobile menyabet gelar capocannoniere, setelah pertama kali memenanginya pada 2013/14 saat masih berseragam Torino, serta berbagi gelar itu dengan penyerang Inter Milan Mauro Icardi pada 2017/18.

Baca juga: Brescia dan Sampdoria tutup musim dengan hasil imbang 1-1
Baca juga: Klasemen Liga Italia setelah Inter kunci peringkat kedua


Berikut daftar pencetak gol terbanyak Liga Italia Serie A musim 2019/20 (11 gol atau lebih):

36 - Ciro Immobile (Lazio)
31 - Cristiano Ronaldo (Juventus)
23 - Romelu Lukaku (Inter Milan)
21 - Francesco Caputo (Sassuolo)
18 - Joao Pedro (Cagliari), Luis Muriel (Atalanta), Duvan Zapata (Atalanta)
16 - Andrea Belotti (Torino), Edin Dzeko (AS Roma)
15 - Josip Ilicic (Atalanta)
14 - Domenico Berardi (Sassuolo), Marco Mancosu (Lecce), Lautaro Martinez (Inter Milan)
12 - Andrea Petagna (SPAL), Giovanni Simeone (Fiorentina)
11 - Jeremie Boga (Sassuolo), Andreas Cornelius (Parma), Paulo Dybala (Juventus), Manolo Gabbiadini (Sampdoria), Arkadiusz Milik (Napoli), Fabio Quagliarella (Sampdoria), Ante Rebic (AC Milan).