Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Ani Yudhoyono menghadiri kegiatan donor darah yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ibu ke-81 di Departemen Pertahanan, Jakarta, Jumat (4/12).

Ibu Negara dalam kegiatan itu didampingi Ibu Herawati Boediono, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar , dan ibu-ibu yang tergabung dalam Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersama II (SIKIB) seperti Ibu Ratna Djoko Suyanto, Ibu Hatta Radjasa.

"Kegiatan donor darah ini sangat tepat dan relevan dengan kondisi nyata kehidupan masyarakat. Kepedulian kita semua sangat diperlukan untuk peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia," kata Ani Yudhoyono .

Ibu Ani Yudhoyono menambahkan, melalui kegiatan donor darah tersebut dirinya berharap ada semangat dan kesadaran setiap warga negara tentang pentingnya persaudaraan dan saling tolong menolong antarsesama manusia.

"Semoga melalui kegiatan ini, kita menjadi semakin peka dan semakin peduli akan penderitaan sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Ibu Negara berkesempatan menemui para peserta donor darah yang sebagian besar adalah adalah istri-istri perwira dan prajurit, pengurus Dharma Pertiwi TNI dan ketiga angkatan dan pengurus Dharma Wanita Persatuan Departemen Pertahanan.

Dalam kunjungannya itu, Ibu Negara sempat berdialog dengan para peserta donor bahkan sempat bercerita pengalamannya kali pertama mendonorkan darahnya.

"Dengan kegiatan ini, saya juga bertambah pengetahuan tentang darah, manfaat donor darah bagi kesehatan dan lain-lain. Seperti saya baru tahu kalau usia 65 tahun kalau tidak boleh lagi mendonorkan darahnya karena fungsi organ tubuh menurun," ujarnya.

Target dari kegiatan donor darah itu adalah 1.000 kantong darah. Penyelenggaraan kegiatan donor darah serangkaian Hari Ibu 2009, dilaksanakan PMI DKI Jakarta. (*)