Sydney (ANTARA News/AFP) - Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menemui Wakil Presiden FIFA Jack Warner selama pertemuan pemimpin negara persemakmuran di Port of Spain untuk mendorong pencalonan Australia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, kata Federasi Sepak Bola Australia (FFA), Sabtu.

FFA mengatakan, Rudd dan Warner berbicara tentang pencalonan Australia, sedangkan Rudd mengggarisbawahi tentang kekuatan pencalonan itu dan dukungan pemerintah Australia.

"Perdana Menteri juga merujuk pada pertumbuhan sepak bola di kawasan Asia dan mengatakan bahwa jika Australia terpilih nanti akan ikut mempromosikan olahraga ini di Asia," kata ketua eksekutif FFA Ben Buckley dalam pernyataannya.

Dua pekan lalu Warner saat berada di Nigeria mengatakan bahwa Australia sangat pantas untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Australia telah menggelar olimpiade paling sukses (tahun 2000) dan telah menunjukkan kemampuan dalam menggelar sejumlah event olahraga besar tingkat dunia dengan baik," kata Warner.

Buckley mengatakan, Rudd dan Warner sepakat untuk tetap menjalin hubungan selama proses pencalonan.

"Perdana menteri menyempatkan waktu di tengah kesibukan pertemuan di Trinidad and Tobago itu untuk bertemu Jack Warner," katanya.

Australia adalah satu dari 11 negara yang menjadi kandidat tuan rumah Piala Dunia 2018 dan satu dari 11 kandidat tuan rumah Piala Dunia 2022.

FIFA akan menetapkan tuan rumah kedua event itu pada Desember 2010. (*)