Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar untuk kedua kalinya kembali gagal mendulang poin penuh setelah ditahan imbang 1-1 juara bertahan Persipura pada laga lanjutan Liga Super di Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta, Makassar, Kamis malam.

Tampil dihadapan puluhan ribu pendukung fanatiknya yang memenuhi seluruh stadion, PSM yang turun dengan formasi lengkap termasuk dua pemain asingnya, Daryoush Ayyoubi dan Suarez Baroni kelihatan ragu-ragu untuk bermain cepat.

Buktinya hingga menit ke 15 babak pertama, tim Mutiara Hitam yang bertindak selaku tamu justru terlihat lebih mampu mengendalikan permainan. Sejumlah peluang matang lahir dari para pemain depan Persipura yang digalang Boaz Salossa dkk.

Pertandingan baru berjalan 5 menit, kapten Persipura Edward Ivakdalam nyaris saja membobol gawang PSM, namun tendangannya diluar kotak penalti masih bisa diselamatkan dengan baik oleh kiper asal Masamba Samsidar.

Peluang yang membuat suporter PSM sempat terdiam itu langsung dibalas oleh kapten PSM Makassar, Syamsul Chaeruddin pada menit ke 7. Melalui kerjasama yang apik, Syamsul yang berada tidak jauh dari kotak pinalti berhasil mendapat bola liar, namun tendangan kerasnya masih bisa ditepis penjaga gawang Persipura Jendry Pitoy.

Pertandingan baru terlihat seimbang bahkan bisa dikatakan milik tim tuan rumah pada pertengahan babak pertama, keyakinan pemain muda PSM membuat Persipura sedikit terbawa suasana permainan yang dikembangkan tim `Juku Eja`, Alhasil sejumlah peluang berhasil diperoleh para pemain PSM.

Seperti yang didapatkan gelandang PSM yang diplot diposisi sayap kiri, Asri Akbar menit ke 17, serta Syamsul menit ke 27 melalui tendangan bebas sedikit diluar kotak penalti serta Cristian Carrasco pada menit ke 33 yang mendapat umpan manis dari Asri disudut kiri, namun lagi-lagi kembali mampu dimentahkan kiper Jendry yang tampil cukup baik pada laga ini.

Setelah tampil begitu mendominasi, gol yang ditunggu publik Maklassar sejak tadi akhirnya datang pada menit ke 41. Berawal dari kerjasama yang dibangun M Fadly yang berhasil menyusur sebelah kiri pertahan Persipura, ia lalu memberikan bola ke Syamsul sebelum akhirnya memberi assist yang sempurna kepada striker Christian Carrasco.

Sebenarnya kedua tim masih memiliki sejumlah peluang, namun penampilan menawan dari kedua kiper membuat skor tetap tidak berubah hingga berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, tim Persipura sedikit mengubah gaya permainan, ia terlihat lebih sabar untuk menerobos pertahanan yang digalang Handi hamzah dkk.

Strategi pelatih Jacksen inipun akhirnya berbuah manis pada menit ke 47. Melalui serangan yang tersusun rapi, Beto Gonchalvez yang menerima umpan matang dari Boaz Saloossa disudut kanan pertahanan PSM. Beto yang berada ddepan gawang tanpa kesulitan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Hasil yang tidak begitu menggembirakan bagi kubu tuan rumah ini akhirnya tidak berubah hingga wasit Aeng Suarman meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.(*)