Bandung (ANTARA News) - Sejumlah kalangan berpendapat Prof Dr Armida Alisjahbana merupakan sosok pas untuk jabatan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas karena memiliki latar belakang disiplin ilmu yang sesuai sebagai pakar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan.

"Ia merupakan sosok yang tegas dan punya komitmen kuat, latar belakangnya di bidang studi pembangunan membuatnya sangat pas untuk posisi Menteri PPN/Kepala Bappenas," kata Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi Unpad, Rachman Nidar di Bandung, Rabu.

Menurut dia, Armida merupakan sosok yang cermat dalam membuat perencanaan dan konsisten untuk menjalankan aturan dan regulasi yang telah dibuat.

Selama ini, kata dia, sosok Armida banyak terlibat dalam membuat rencana-rencana strategis sehingga memiliki pengalaman yang cukup untuk memimpin kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

"Bila dikatakan orang yang tepat untuk posisi itu, yah dia salah satu yang paling siap dan pas," katanya.

Sementara itu dukungan mengalir dari Civitas Akademika Universitas Padjadjaran Bandung.

Rektor Unpad Prof Dr Ganjar Kurnia mengaku bangga kata salah seorang Guru Besar Fakulta Ekonomi Unpad menjadi kandidat menteri PPN/ Kepala Bappenas.

"Posisi itu sangat pas untuk dia, terlebih selama ini ia berkecipung di ekonomi makro," kata Ganjar Kurnia.

Menurut Ganjar, terpilihnya Armida merupakan hal yang patut disyukuri. Pihaknya mendukung penuh guru besarnya itu mengemban tugas menjadi menteri di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

"Sebagai menteri, Bu Armida harus berfikir makro dan nasional, tidak lagi dalam ruang lingkup kecil seperti di Unpad. Kami sangat mendukung," kata Ganjar Kurnia.

Namun ia yakin, guru besarnya itu akan mampu mengemban tugas untuk lima tahun ke depan karena sektor perencanaan hal baru bagi seorang Armida Alisjahbana.

"Ia bukan orang baru di sektor ekonomi pembangunan dan punya pengalaman dalam perencanaan program-program strategis," kata Rektor Unpad.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga mengaku senang dengan terpilihnya MS Hidayat, Ketua Umum KADIN menjadi Menteri Perindustrian.

Ia mengatakan, Hidayat merupakan salah satu Dewan Penyantun Unpad yang juga alumni Fakultas Ekonomi perguruan tinggi kebanggaan Kota Bandung itu.(*)