Jakarta (ANTARA News) - Technical rebound saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang perdagangan Selasa telah mengangkat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke level 2.471,99 atau naik 15,30 poin (0,62) dari posisi penutupan hari sebelumnya.

Mengikuti IHSG, indeks kelompok 45 saham unggulan (LQ45) menguat 3,92 poin ke posisi 485,762.

Harga saham yang dinilai sudah dalam level rendah akibat koreksi tajam beberapa hari sebelumnya, telah memicu aksi beli di BEI.

Analis Indomitra Securities David Ferdinandus mengatakan, pelaku pasar memburu saham-saham unggulan yang harganya murah dan berpotensi bagus.

"Walaupun pola-pola jangka pendek atau pola spekulatif masih terjadi," ujarnya.

David mengharapkan, penguatan saham-saham di BEI terus berlanjut meski hingga sekarang pelaku pasar masih menunggu terbentuknya kabinet pemerintahan baru hasil Pemilu 2009.

"Pelaku pasar mengharapkan yang duduk dalam kabinet baru adalah orang profesional walaupun berasal dari partai politik. Jadi dalam jangka menengah, pasar memiliki ekspektasi terhadap kabinet baru," katanya.

Selain menunggu terbentuknya kabinet, pergerakan saham juga akan dipengaruhi oleh laporan kinerja keuangan emiten kuartal ketiga yang sebagian besar positif.

Hingga perdagangan ditutup, saham yang harganya menguat ada 98, saham melemah 88 dan 79 lainnya harganya tidak berubah.

Transaksi yang terjadi mencapai frekuensi 78.709 kali dengan volume 3,088 miliar saham senilai Rp2,903 triliun.
(*)