Manado (ANTARA News) - Komunitas artis Sulawesi Utara (Sulut) melakukan aksi pengumpulan dana untuk membantu korban bencana gempa di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Aksi pengumpulan dana itu dilakukan sejumlah artis Sulut, di jalan Bolevard Manado, dengan menjalankan kotak sumbangan gempa pada pengemudi maupun penumpang yang melewati ruas jalan itu, Kamis.

Sejumlah artis dengan menggunakan pakaian warna putih itu secara bergantian memegang kotak sumbangan dan disodorkan kepada masyarakat, sementara artis lainnya mendendangkan lagu.

Masyarakatpun secara spontan memberikan uang di kotak yang dijalankan para artis tersebut.

Koordinator Artis Sulut, Arthur Supit mengatakan, pengumpulan dana itu sebagai kepedulian artis Sulut terhadap bencana gempa berkekuatan sekitar 7,8 Skala Richter (SR) di Sumbar pada Rabu (30/9).

"Hasil pengumpulan dana tersebut nantinya akan disumbangkan bagi korban bencana gempa di Sumbar," kata Arthur.

Aksi pengumpulan dana tersebut bukan hanya dilakukan sekali, tetapi akan berlangsung selama beberapa hari dengan lokasi yang berpindah-pindah.

Dana yang terkumpul itu kemudian akan disatukan lalu dikirim ke korban bencana alam melalui dompet peduli yang ada di media cetak maupun elektronik di Manado.

"Melalui bantuan ini diharapkan dapat meringakan penderitaan saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa," kata Arthur.

Sejumlah artis Sulut yang terlibat dalam aksi tersebut antara lain, Astrid Simboh, Lidy MH, Isty Yulisty, Yuni Yuniar, Cici, Vivi Adrian, Moel, Amoy serta Endy.

Provinsi Sumbar diguncang gempa tektonik berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) pada 30 September 2009, yang mengakibatkan ratusan orang tewas dan ribuan bangunan rusak berat.(*)